Sequis Ajak Masyarakat Benahi Perencanaan Keuangan Agar Tenang  Sambut Ramadan  

Friday 8 Mar 2024, 3 : 55 pm
by
Sequis
Faculty-Head-Sequis-Quality-Builder-Sequis-Training-Academy-of-Excellence-Fandi-Murdani

Menurut FandI, belanja saat promo bisa menghemat pengeluaran Ramadan.

Tetapi, jika tidak belanja tidak berdasarkan daftar kebutuhan, hati-hati  bisa terpancing untuk belanja konsumtif hingga impulsif.

Pengeluaran lain yang juga ada saat bulan puasa adalah zakat fitrah.

Zakat fitrah yang terbaik ditunaikan dengan pembayaran beras.

Adapun bobotnya seberat 2,7 kg atau 3,5 liter atau 2,5 kg sesuai kualitas beras layak konsumsi oleh masyarakat setempat.

Mengingat harga beras dapat berubah atau tidak sama setiap tahun maka sebaiknya dana zakat fitrah disiapkan lebih besar dari tahun sebelumnya.

Selanjutnya, meski masih bulan Ramadan, ada baiknya sudah membuat perencanaan anggaran hari raya, seperti biaya mudik, kue lebaran, busana lebaran jika diperlukan, uang lebaran bagi anggota keluarga, biaya untuk membeli parcel bagi rekan atau mitra jika sudah menjadi kebiasaan, hingga dana THR bagi asisten rumah tangga.

Setelah membuat daftar kebutuhan untuk lebaran, langkah selanjutnya adalah menyusun anggaran keuangan yang berisi pendapatan, daftar kebutuhan sehari-hari, dana darurat hingga rencana masa depan, yakni tabungan, asuransi, dan investasi.

Biaya hidup sehari hari dapat Anda alokasikan dari pendapatan bulanan sedangkan dana cadangan dan rencana masa depan dapat Anda alokasikan tidak hanya dari pendapatan bulanan tapi juga dari pendapatan lain jika ada, seperti dari THR, bonus, atau pendapatan lain jika memiliki usaha atau pekerjaan tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

NU-Muhammadiyah Jatim Perkuat Ukhuwah Hadapi Kebangkitan Islam Milenial

SURABAYA-Jajaran Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengadakan silaturahim

Gus Nabil: Pesantren Jadi Alternatif Solusi Deradikalisasi eks ISIS

JAKARTA-Politisi PDI Perjuangan Muchamad Nabil Haroen menegaskan wacana pemulangan eks