Said Abdullah, Sosok Lintas Batas

Wednesday 22 Apr 2015, 10 : 15 am
by
Said Abdullah
KETUA BANGGAR, SAID ABDULLAH

You can achieve anything you want in life, if you have the courage to dream it, the intelligence to make a realistic plan, and the will to see that plan through to the end (Sidney A. Friedman)

Heterogenitas merupakan fakta yang tidak terbantahkan tentang Indonesia.

Para Founding Fathers membangun negeri ini di atas keberagaman suku, kultur, agama, bahasa, ideologi politik dan sebagainya.

Bangsa kita terdiri dari puluhan ribu pulau yang dihuni oleh suku-suku yang beragam.

Indonesia berada di tengah masyarakat dunia sebagai satu bangsa yang sangat majemuk.

Kemajemukan mempunyai dua sisi yang saling berseberangan jika tidak dikelola secara benar.

Di satu sisi, kemajemukan merupakan suatu kekayaan yang bisa menjadikan Indonesia suatu bangsa besar, kuat dan disegani.

Sisi-sisi yang berbeda – entah suku, agama, kultur, aliran politik – ibarat unsur-unsur yang membentuk pilar utama sebuah rumah bangsa bernama Indonesia.

Perbedaan-perbedaan itu bisa menjadi kekuatan yang mendorong terwujudnya persatuan dan kerja sama.

Tetapi, di sisi lain, keberagaman bisa tampil sebagai kekuatan destruktif yang menyulut pertentangan dan konflik serta mencerai-beraikan kehidupan suatu negara bangsa.

Perbedaan-perbedaan suku, agama, haluan politik dan sebagainya menjadi bara api yang menjalar ke mana-mana hingga menghanguskan persaudaraan dan meruntuhkan perdamaian.

Kondisi seperti ini bisa terjadi kalau setiap kelompok masyarakat yang berbeda lebih suka mengedepankan kepentingan kelompoknya, dan selalu merasa diri yang terbaik, paling benar, paling berhak dan paling sahih.

Kehadiran dan keberadaan kelompok-kelompok lain yang berbeda dengan “kita” dianggap tidak ada (nothing).

Konflik-konflik dan kekerasan-kekerasan berbau primordial yang merebak di sejumlah kawasan di tanah air sejak paruh kedua tahun 1990-an memperlihatkan betapa heterogenitas bangsa Indonesia mudah dibelokkan oleh kelompok-kelompok tertentu menjadi kekuatan destruktif.

Kerusuhan-kerusuhan rasial yang terjadi di Kalimantan, Ambon, Maluku, Poso serta beberapa kota di Sumatera dan Jawa, termasuk Jakarta menyisakan luka parah (fisik dan psikogis) yang membutuhkan proses panjang untuk menyembuhkannya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Nilai tukar rupiah tertekan

Rupiah Tertekan, Najib: BI Sudah Melakukan Antisipasi

JAKARTA-Keputusan Bank Indonesia (BI) menaikkan BI 7-day Reverse Repo Rate

Presiden Perintahkan Bangun Jembatan Batam-Bintan

BATAM-Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum untuk membangun jembatan