Survei LPMM Diunggulkan Pemilih Muda, Pengamat: Airlangga dan Golkar Harus Percaya Diri

Selasa 9 Mei 2023, 5 : 52 pm

Dan sebanyak 17,3% responden ingin tokoh yang memiliki pengalaman memimpin dipemerintahan dengan rekam jejak yang memiliki Integritas kepemimpinan  Kemudian sebanyak 10,6% responden menginginkan pemimpin yang berkarakter merakyat dan sederhana.

Selanjutnya 4,3% responden menginginkan tokoh yang memiliki kecakapan dalam  memimpin  kemudian sebanyak 4,1% responden ingin pemimpin yang taat beragama, dan sebanyak 3,3% responden menginginkan pemimpin yang cerdas/pintar. Dan sebanyak 6,7% responden  tidak memberikan jawaban.

Pemilih muda usia 17-40 tahun di  Indonesia yang disurvei juga menunjukkan preferensi yang lebih kuat terhadap capres dengan latar belakang sipil, bukan militer.

Sebanyak 60,7 % responden mengaku tidak setuju atau sangat tidak setuju dengan pernyataan “Presiden sebaiknya memiliki latar belakang militer”.dan yang setuju dengan Capres dengan latar belakang militer berkisar di 22,9% responden dan yang tidak mempermasalah latar belakang sipil dan militer sebanyak 8,8% responden dan yang tidak menjawab sebanyak 7,6%.

Temuan ini tidak terlalu mengejutkan karena pemilih muda memang cenderung melihat capres yang kuat bukan hanya mereka yang pernah berkarier di sektor militer.

Capres sipil justru memiliki peluang yang lebih besar untuk menang di alam demokrasi Indonesia saat ini, berkaca dari kesuksesan Joko Widodo di 2014 & 2019 saat mengalahkan pesaingnya Prabowo Subianto  yang memiliki pengalaman di militer. ***

 

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

IGJ: Urusan TPP, Presiden Harus Libatkan Rakyat

JAKARTA-Indonesia for Global Justice (IGJ) meminta agar Tim Khusus Pengkaji
Produk organik telah diketahui secara luas memiliki keunggulan dibanding produk pertanian dengan metode konvensional

Pasar Produk Organik Terbuka, Sisi Hulu Perlu Penguatan

JAKARTA-Produk organik telah diketahui secara luas memiliki keunggulan dibanding produk