Tekan Impor, KAEF dan Pertamina Siap Bangun Pabrik Bahan Baku Paracetamol

Friday 8 Jan 2021, 7 : 23 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-PT Kimia Farma (Persero) Tbk (KAEF) dan PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) berencana membangun pabrik farmasi paracetamol berkapasitas 3.800 ton per annum (Tpa) yang merupakan turunan dari produk petrokimia, benzene.

Berdasarkan siaran pers KAEF yang dikirim melalui surat elektronik di Jakarta, Jumat (8/1), sinergi perseroan dengan anak usaha PT Pertamina (Pesero) tersebut menjadi bagian dari upaya pengembangan bahan baku obat paracetamol untuk mendukung kemandirian bahan baku obat nasional dan menekan impor di sektor farmasi.

Menurut Wakil Menteri BUMN, Pahala Nugraha Masury, hingga saat ini untuk memenuhi kebutuhan bahan baku obat di Indonesia masih mengandalkan impor yang mencapai 95 persen.

“Di tengah kondisi pandemi Covid-19, kesehatan menjadi modal utama yang tidak terpisahkan dalam rangka memulihkan ekonomi,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menyebutkan bahwa PT KPI dan KAEF berinisiatif untuk bekerjasama mengolah lebih lanjut salah satu produk petrokimia benzene dan propylene yang berasal dari Kilang Refinery Unit (RU) IV Cilacap.

Nicke menyebutkan, produk turunan petrokimia tersebut akan dikembangkan menjadi Para Amino Fenol (PAF) yang akan menjadi bahan baku produk farmasi, salah satunya adalah paracetamol.

“Kerjasama ini akan membantu percepatan kemandirian industri farmasi nasional dan menurunkan defisit neraca perdagangan Indonesia melalui produksi paracetamol dari bahan baku benzene dan propylene,” katanya.

Nicke berharap, pemerintah memberikan dukungan optimal dalam kerangka menciptakan ekosistem dari hulu ke hilir pada industri petrokimia maupun farmasi.

“Sehingga, dapat meningkatkan mutual benefit antara Pertamina dan KAEF,” imbuhnya.

Direktur Digital Healthcare PT Bio Farma (Persero), Solehudin Al Ayubi mengungkapkan, sebagai holding BUMN farmasi, Bio Farma telah memiliki roadmap untuk mengurangi impor bahan baku obat. Penguatan value chain ekosistem industri kesehatan juga telah dilakukan dengan pendirian pabrik bahan baku obat, PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Semester 1-2015, Aset Bank OCBC NISP Meningkat 20%

JAKARTA-Bank OCBC NISP kembali mencatatkan kinerja dan pertumbuhan yang menggembirakan

Cegah Penyebaran COVID-19, Hankook Tire Berikan Donasi Masker

CIKARANG-PT Hankook Tire Indonesia (“Hankook Tire”), produsen ban asal Korea