Tinjau Peternakan Domba di Magelang, Puan Ingatkan Hasil untuk Pendidikan Anak

Wednesday 31 Jan 2024, 11 : 02 pm
Puan Maharani mengunjungi peternakan domba di Magelang

MAGELANGKetua DPR RI Puan Maharani mengingatkan para peternakan domba di Magelang Jawa Tengah agar memanfaatkan hasil  dari ternak domba untuk biaya pendidikan anak-anak mereka.

Hal itu disampaikan Puan saat mengunjungi para peternak yang tergabung dalam Asosiasi Kelompok Ternak Domba Secang-Grabag di kawasan Secang, Magelang, Rabu (31/1/2024).

Ia didamping oleh Anggota DPR, Paramita Widya Kusuma dan My Esti Wijayati, serta Anggota DPRD Magelang, Grengseng Pamudji.

Setidaknya ada 160 peternak yang tergabung dalam asosiasi ini dengan total 6.000 Domba.

Di dalam asosiasi peternak Domba tersebut terdapat 51 kelompok yang lokasinya terpisah-pisah. Masing-masing peternak memiliki sekitar 30 Domba.

Adapun lokasi peternakan yang dikunjungi Puan adalah kandang milik Kelompok Ternak Domba Lembah Manah yang berada di Secang.

Kehadirannya mendapat sambutan meriah dari warga setempat.

“Masyarakat itu harus dibuat menjadi berdaya untuk bisa sejahtera. Untuk mengentaskan kemiskinan dengan cara yang terhormat, maka ibaratnya masyarakat harus turut diberi kail, dan bukan hanya dikasih ikannya,” kata Puan.

Asosiasi Kelompok Ternak Domba Secang-Grabag memang merupakan kelompok binaan Fraksi PDIP.

Hasil penjualan daging setiap semester dapat menambah keperluan sekolah anak-anak dari peternak, selain dari dana BOS.

Puan mendorong anggota dewan untuk memberi bantuan dan pembinaan seperti yang dilakukan terhadap Kelompok Ternak Domba Secang-Grabag yang kini berhasil menjadi kawasan Domba unggul.

“Anggota Dewan harus bisa meng-advokasi berbagai program dari pemerintah pusat dan daerah yang bisa memberdayakan rakyat seperti di sini yang menjadi peternak Domba,” jelas perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Volume Perdagangan Saham di BEI Turun Rp 105,90 Triliun

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat total volume perdagangan saham di

Mahfud: MK Bisa Batalkan Presiden Terpilih

JAKARTA – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03 Mahfud