UNVR Siap Tebar Dividen Final Rp71/Saham, Pengendali Akan Kantongi Rp2,3 Triliun

Friday 23 Jun 2023, 6 : 03 pm
by
walaupun pertumbuhan penjualan domestik pada tahun berjalan September 2021 tercatat melambat 7,4 persen (year-on-year), tetapi UNVR mampu membukukan penjualan bersih sebesar Rp30 triliun
PT Unilever Indonesia Tbk

JAKARTA-Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) yang digelar kemarin (22/6) di Tangerang telah menyetujui pembagian dividen final Rp71 per saham, setelah pada 15 Desember 2022 membagikan dividen interim Rp69 per saham.

Berdasarkan siaran pers UNVR yang dikirim melalui surat elektronik, Kamis (22/6) malam, dengan adanya pembagian dividen final Rp71 per saham atau Rp2,71 triliun tersebut, maka total dividen untuk Tahun Buku 2022 mencapai Rp5,34 triliun yang setara dengan 99,6 persen dari laba bersih.

Pemegang saham pengendali UNVR, yakni Unilever Indonesia Holding BV akan kembali mengantongi dividen sebesar Rp2,3 triliun, setelah meraup dividen interim sebesar Rp2,24 triliun di pengujung tahun lalu.

Rencananya, dividen final akan dibayarkan paling lambat 20 Juli 2023

Menurut Presiden Direktur UNVR, Ira Noviarti dalam keterangan resmi perseroan, selama tiga bulan pertama tahun ini jumlah penjualan bersih UNVR mencapai Rp10,6 triliun, dengan sebagian besar kategori produknya secara efektif meraih pangsa pasar yang lebih baik di tengah ketatnya persaingan.

UNVR juga berhasil membukukan laba bersih di Kuartal I-2023 sebesar Rp1,4 triliun dan mencatatkan peningkatan margin kotor dibandingkan tahun sebelumnya.

Kinerja ini didukung oleh penguatan fundamental di jalur General Trade (GT) dan Modern Trade (MT).

“Perseroan terus konsisten menjalankan lima prioritas strategisnya. Pada kuartal pertama tahun ini, kami melihat adanya peningkatan volume pangsa pasar, yang menunjukkan bahwa kelima prioritas ini berhasil mendorong daya saing dan memastikan pertumbuhan jangka panjang. Kesuksesan ini didorong oleh peningkatan pangsa pasar 11 kategori di antaranya adalah skin cleansing, kecap, oral care, soup stock dan pencuci piring,” papar Ira

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

CERI Endus Kerugian Negara Akibat Penjualan Kondensat Bagian Negara Tanpa Tender oleh MEBL

GARUT – Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) menilai

Seskab: Reklamasi Pantai Jakarta, Boleh Didelegasikan ke Pemda

JAKARTA-Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung memberikan penjelasan terkait simpang siur