Uskup Ingatkan Dokumen Persaudaraan Insani Abu Dhabi

Uskup Keuskupan Tanjungkarang Mgr Yohanes Harun Yuwono dalam Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) IV Pemuda Katolik Komda Lampung, Sabtu, 30 November 2019 di Wisma Albertus, Bandar Lampung.

BANDAR LAMPUNG-Uskup Keuskupan Tanjungkarang Mgr Yohanes Harun Yuwono mendukung Pemuda Katolik bekerjasama dengan kaum muda lintas iman. Sebab, semua orang muda dari berbagai latar belakang apapun sesungguhnya ada di hati Tuhan. Karena itulah harus ada juga di hati gereja.

“Ini sesuai dengan Isi Dokumen Persaudaraan Insani Abu Dhabi,” ungkap Yohanes dalam Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) IV Pemuda Katolik Komda Lampung, Sabtu, 30 November 2019 di Wisma Albertus, Bandar Lampung.

Dokumen Persaudaraan Insani Abu Dhabi’ adalah dokumen yang ditandatangani oleh Paus Fransiskus bersama Imam Besar Al-Azhar, Sheikh Ahmad al-Tayab dari Mesir. Naskah dokumen tersebut ditandatangani saat berlangsung Konferensi Global tentang Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama di Ibu Kota Uni Emirat Arab (UEA), tanggal 4 Februari 2019.

Baca :  Mgr Soenarko: Kami Mengucapkan Terimakasih Kepada Semua Pihak

“Saya mendukung dan sangat baik jika berbagai kegiatan kaum muda (Katolik) hendaklah juga melibatkan kaum muda lintas iman,” tuturnya.

Dia juga berharap, supaya Pemuda Katolik jangan hanya tumbuh menjulang ke atas tanpa akar yang kuat. Kalau itu terjadi, angin akan menumbangkannya.

Yohanes mengingatkan, lupa akan usul dan akar budaya akan mendaratkan kaum muda pada lupa akan sejarah. Selain itu, berpotensi meremehkan pengalaman hidup para leluhur, dan memandang rendah masa lalu. Serta hidup akan kosong. 

Sehingga, dia berpesan supaya kaum muda menemukan kekayaan hidup masa lalu. “Warisilah sebagai kekayaan diri dan gaya hidup, itu adalah perbuatan kasih kepada mereka,” katanya.

Seirama dengan yang disampaikan Uskup Keuskupan Tanjungkarang, Pemerintah Provinsi Lampung juga menginginkan supaya Pemuda Katolik terus memperat persekutuan persaudaraan.

Baca :  Pemuda Katolik Berharap Ustad Somad Minta Maaf

Serta meningkatkan komitmen untuk memperkuat konsistensi dan sinergisitas dalam merespon berbagai tantangan dan peluang globalisasi.

“Pemuda Katolik untuk senantiasa berkontribusi nyata, mendukung pembangunan dan kesejahteraan provinsi Lampung agar Lampung dalam kondisi aman, masyarakat yang berbudaya, maju dan berdaya saing, serta sejahtera,” harap Sekretaris Kesbangpol Provinsi Lampung Herdaus, yang hadir mewakili Gubernur Lampung Arinal.