Warga Sampaikan Terima Kasih soal UU Keistimewaan Yogyakarta, Ganjar: Semua Berjasa

Thursday 16 Nov 2023, 12 : 30 pm
by
calon presiden Ganjar Pranowo

YOGYAKARTA-Warga Yogyakarta menyampaikan terima kasih kepada calon presiden Ganjar Pranowo sebagai sosok yang berada dalam garda terdepan dalam mempertahankan keistimewaan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Merespon hal tersebut, Ganjar menyatakan bahwa semua pihak telah berjasa dalam hal tersebut, meskipun terjadi pro kontra pada saat itu.

“Dan saya senang kawan-kawan juga bangga tentu bukan karya saya saja, itu karya dari pemerintah yang mewakili pemerintah dan dari fraksi-fraksi yang waktu itu menyetujui,” kata Ganjar saat bersilaturahmi dengan warga di Dusun Njimatan, Kelurahan Jatirejo, Kec. Lendah, Kab. Kulonprogo, Prov. DIY, Rabu (15/11/2023).

“Memang ada yang tidak setuju, tapi Alhamdulillah, akhirnya keistimewaan terwujud. Itulah tugas saya yang diberikan kepada kami semuanya untuk menyelesaikan,” lanjut Ganjar.

Ganjar yang kala itu sebagai pimpinan DPR RI Komisi II berada dalam garda terdepan dalam mempertahankan Yogyakarta sebagai daerah istimewa.

Ganjar juga yang punya andil besar sehingga terlahirlah Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012.

Undang-Undang ini menegaskan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai provinsi yang mempunyai keistimewaan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Warga Yogyakarta mempertahankan keistimewaan Yogyakarta ditempuh melalui dua jalur, yakni jalur diplomasi dan jalur gerakan kerakyatan.

Kala itu, Ganjar memperjuangkan keistimewaan Yogyakarta melalui jalur diplomasi dalam kapasitasnya sebagai wakil rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bangun PLTU 250 MW, Asahimas Investasi PLTU US$885 juta.

CILEGON-Perusahaan kimia asal Jepang, PT Asahimas Chemical melakukan perluasan pabrik.

258 Tokoh Sampaikan Keprihatinan Krisis Ekologis ke Presiden

JAKARTA – Lebih dari 258 tokoh, baik yang berasal dari kalangan