Yoyok KOPITU: Sinergi Antar Lembaga Lemah Jadi Biang Kerok Anjloknya Ekspor UMKM Indonesia

Saturday 16 Dec 2023, 11 : 41 am
by
Ketua Umum Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU), Yoyok Pitoyo 

Tim kerja lintas sektoral dapat dibentuk untuk menangani berbagai permasalahan, seperti peningkatan ekspor produk UMKM, pembangunan infrastruktur, dan pengembangan sumber daya manusia.

Tim kerja lintas sektoral diharapkan bisa meningkatkan koordinasi dan kerja sama antar lembaga pemerintah, mengembangkan solusi yang lebih komprehensif dan efektif serta menghindari duplikasi dan tumpang tindih kegiatan.

Tim kerja lintas sektoral dapat pula bekerjasama dengan asosiasi perdagangan, seperti Asosiasi Eksportir Indonesia (AEI) dan Asosiasi UMKM (KOPITU).

Asosiasi-asosiasi ini dapat memberikan dukungan kepada UMKM Indonesia untuk ekspor, antara lain dengan memberikan informasi pasar, fasilitasi sertifikasi, dan bantuan pengurusan dokumen ekspor.

Dengan sinergi yang kuat, lembaga-lembaga perwakilan pemerintah di luar negeri dapat lebih efektif dalam mempromosikan dan memperluas pasar ekspor produk UMKM Indonesia.

Hal ini dapat meningkatkan ekspor produk UMKM Indonesia dan memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IHSG, bursa saham, sekuritas

IHSG Berpotensi Mixed Cenderung Turun, Mainkan INKP, PANR dan JPFA

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini

AEPI: Tangkap Para Penimbun Pulsa Listrik

JAKARTA-Ekonom Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Salamuddin Daeng meminta aparat keamanan menangkap para