Bank DBS Indonesia Bangun Ekosistem Dukung Perkembangan UKM di Indonesia

15
Bank DBS Indonesia hari ini mengumumkan kemitraan strategis dengan PT. Cipta Piranti Sejahtera, perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak cloud akuntansi Accurate Online, UnionSPACE, perusahaan co-working terbesar di Asia Tenggara, dan Alibaba Cloud, usaha komputasi dari Alibaba Group. Tampak pada foto (ki-ka) Albert Goh, CEO UnionSPACE; Rudy Tandjung, Direktur PT Bank DBS Indonesia; Darwin Tjoe, Founder Accurate pada peluncuran kerja sama membangun ekosistem sebagai dukungan terhadap perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia hari ini (06/03) di Jakarta.

JAKARTA-Bank DBS Indonesia hari ini mengumumkan kemitraan strategis dengan PT. Cipta Piranti Sejahtera, perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak cloud akuntansi Accurate Online. Melalui kolaborasi ini, Bank DBS Indonesia ingin membantu usaha kecil dan menengah (UKM) menghemat waktu dan sumber daya manusia.

Setelah UKM menghubungkan akun korporat Bank DBS Indonesia dengan Accurate Online, setiap transaksi bisnis yang dilakukan oleh UKM dengan akun korporat Bank DBS Indonesia akan secara otomatis masuk dan tercatat dalam Accurate Online.

Pengaturannya sangat mudah dan tidak memerlukan formulir kertas apapun; UKM hanya perlu sekali autorisasi koneksi melalui internet banking IDEAL dan transaksi bank dari DBS akan langsung masuk tercatat ke Accurate Online setiap hari. Setelah transaksi bank tercatat dalam Accurate Online, fitur “Smart Reconciliation” akan mencoba mencocokkan data rekening koran dengan entri akuntansi secara otomatis, sehingga dapat menghemat berjam-jam waktu pengguna dalam melakukan rekonsiliasi bank.

Hal ini juga berarti bahwa UKM dapat memiliki pembaruan terkini tentang arus kas mereka sehingga dapat membuat keputusan keuangan yang lebih baik. Inovasi ini menyingkirkan tugas manual mengimpor transaksi bank dan rekonsiliasi.

“Sebagai “World’s Best Bank for SME” oleh Euromoney, kami ingin menjadi solusi perbankan untuk UKM di Indonesia dengan menyediakan berbagai fasilitas dan wawasan yang dapat membantu UKM membuat keputusan dalam bisnis mereka. Kolaborasi ini adalah bagian dari implementasi misi kami “Live more, Bank less” yang memungkinkan nasabah menikmati hidup sepenuhnya tanpa harus disulitkan dengan urusan administratif perbankan. Kami juga menemukan bahwa banyak UKM dan start-up yang menggunakan Excel atau kertas fisik untuk pembukuan. Mengingat sifat tugas tersebut yang membosankan, mereka cenderung melakukan rekonsiliasi hanya sebulan sekali, sehingga pandangan yang dimiliki tentang arus kas mereka tidak up-to-date,” kata Rudy Tandjung, Direktur PT Bank DBS Indonesia.

Di sisi lain, Darwin Tjoe, Founder Accurate menambahkan, dengan menggunakan akun korporat DBS yang terhubung dengan Accurate Online, UKM dengan mudah dapat melakukan dan memantau pembukuan keuangan bisnis mereka. Nasabah Bank DBS Indonesia dan Accurate Online juga dapat memperoleh manfaat dari penghematan biaya.