BI: Optimisme Konsumen Meningkat

BI: Optimisme Konsumen Meningkat

0
BERBAGI
ilustrasi

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan peningkatan optimisme konsumen pada Februari 2017 dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini ditunjukkan oleh Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2017 sebesar 117,1, lebih tinggi dibandingkan 115,3 pada bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif  Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara mengatakan peningkatan IKK terutama bersumber dari peningkatan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 2,6 poin.

Konsumen memperkirakan tekanan harga pada 3 dan 6 bulan mendatang cenderung menurun. Hal ini ditunjukkan oleh Indeks Ekspektasi Harga (IEH) untuk 3 bulan mendatang (Mei 2017) yang turun 1,0 poin dari bulan sebelumnya menjadi 170,8.  “Menurunnya IEH 3 bulan mendatang dipengaruhi oleh ekspektasi terhadap terjaganya pasokan bahan pokok oleh Pemerintah menjelang bulan puasa,” terangnya.

Demikian halnya dengan IEH untuk 6 bulan mendatang (Agustus 2017) yang turun 1,2 poin menjadi 174,8 yang diperkirakan dipengaruhi oleh ekspektasi terhadap kembali normalnya permintaan pasca Idul Fitri.

Di samping itu, hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan adanya peningkatan jumlah tabungan dan posisi pinjaman pada posisi 6 bulan ke depan (Agustus 2017) dibandingkan bulan sebelumnya.