Dukung Pariwisata Bali, Dephub Bangun 3 Dermaga Penyeberangan

Friday 15 Nov 2019, 10 : 17 pm
by
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Bali, Wayan Koster

DENPASAR-Sebanyak 3 Dermaga Penyeberangan akan mulai dibangun pada Februari 2020 untuk mendukung pariwisata di Bali.

Ketiga Dermaga Penyeberangan tersebut yaitu Sanur, Nusa Penida dan Nusa Lembongan.

“Pembangunannya sekitar Februari 2020. Sekarang sudah di desain dan mau tender nanti di Bulan Desember. Ditargetkan selesai pembangunannya pada akhir tahun 2020,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerja nya di Bali, Jumat (15/11).

Menhub mengatakan, pembangunan tiga dermaga yang dikenal dengan dermaga segitiga emas tersebut memang sangat dibutuhkan untuk mengakomodir jumlah wisatawan di bali yang semakin bertambah.

Selain untuk pariwisata, dermaga ini juga dibutuhkan untuk menunjang kepentingan masyarakat setempat menuju Nusa Penida utamanya saat pelaksanaan upacara keagamaan.

Lebih lanjut Menhub Budi menjelaskan, Pembangunan dermaga tersebut menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Dia berharap dengan adanya pembangunan dermaga ini bisa semakin menambah jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke Bali, sehingga perekonomian Indonesia semakin maju.

Sebelumnya, saat kunjungan ke Bali pada Juli lalu, Menhub mengatakan, dana yang berasal dari APBN digunakan untuk membangun infrastruktur dasar, tetapi infrastruktur tambahannya akan dilakukan dengan skema KPBU supaya dapat dikelola lebih profesional.

Nusa Penida, dan juga darah lainnya seperti Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan merupakan gugus pulau yang terletak di sebelah tenggara Pulau Bali.

Selama beberapa tahun belakangan ini, kepulauan ini menjadi semakin populer sebagai salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi.

Salah satu wisata yang ditawarkan saat mengunjungi pulau ini bermacam-macam, dari wisata desa hingga yang paling populer, yaitu ragam rekreasi air, seperti snorkeling, surfing, hingga bermain kayak dan kano.

Selain itu, juga menjadi tujuan wisata religi.

“Dengan kelebihan yang dimilikinya, daerah ini tentunya menjadi magnet bagi para wisatawan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kementerian PUPR Targetkan Jalan Perbatasan Kaltara-Kaltim Tersambung 2019

BALIKPAPAN-Pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan menjadi salah satu prioritas Kementerian

Industri Manufaktur Kuartal II-2019 Diproyeksi Tumbuh 4,8%

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) optimistis sektor industri manufaktur dapat tumbuh lebih