Strategi Menarik Investasi Belum Optimal

Tuesday 9 Apr 2013, 5 : 19 pm
by
ilustrasi

JAKARTA-Strategi yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menarik investasi asing ternyata masih belum optimal dibanding dengan upaya  yang dilakukan pemerintah Malaysia. Padahal dari sisi pertumbuhan ekonomi, sumber daya manusia dan alam, Indonesia memiliki nilai plus dibanding Negeri Jiran. “Hubungan Uni Eropa dengan Indonesia sudah terjalin dengan baik selama bertahun-tahun. Kerjasama global ini dilakukan, baik dari bidang politik ekonomi dan bidang-bidang lainnya. Kami melihat, hubungan ini masih bisa tingkatkan lagi untuk saling melengkapi kebutuhan di bidang ekonomi,” kata  Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk Indonesia, Brunei Darussalam dan ASEAN, Julian Wilson dalam seminar bertajuk EU-Indonesia Trade Support Programme (TSP) II di Hotel Le Meridien Jakarta, Selasa (9/4).

Baca juga :  PLN Peroleh Kucuran Dana Investasi Dari 3 Bank BUMN

Berdasarkan kajian yang masuk ke UE, kata Julian, investasi negara-negara yang tergabung ke dalam UE telah memiliki dampak besar bagi penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Dia mengatakan, tidak kurang dari satu juta penduduk bekerja pada perusahaan milik negara-negara UE yang ada di Indonesia. “UE menamkan investasi mencapai 130 miliar dollar AS di Indonesia,” ucap dia.

Namun demikian, jelas dia, strategi menarik dana asing dari luar yang dilakukan pemerintah Indonesia masih lemah, jika dibandingkan dengan Malaysia dan Singapura.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Didukung Investor Asing, IHSG Dibuka Naik

JAKARTA-Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka

Bongkar Korupsi Masjid Al Fauz, Polisi Harus Dalami LHKPN Sylviana Murni

JAKARTA-Penyidik Bareskrim Mabes Polri harus memeriksa harta kekayaan Calon Wakil