ICMI: Umat Islam Indonesia Harus Jaga Keutuhan Indonesia

Jumat 5 Agu 2016, 5 : 30 pm
by
Dr. Moh. Jafar Hafsah

JAKARTA-Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) meminta umat Islam di Indonesia harus berupaya keras menjaga keutuhan Indonesia agar tidak terpecah belah akibat isu gesekan antar agama. Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Jenderal ICMI, Dr. Muhammad Ja’far Hafsah terkait konflik yang terjadi di Tanjung Balai baru-baru ini. “Sikap toleransi beragama dalam kehidupan bangsa dan negara sangat diperlukan karena itu adalah sebuah keniscayaan yang membentuk Indonesia menjadi satu negara yang utuh yang harus tetap dipelihara,” ujar Sekretaris Jenderal ICMI, Dr. Muhammad Ja’far Hafsah di Jakarta, Jumat (5/8).

Menurutnya, kerusuhan rasial yang terjadi di Tanjung Balai, Asahan, Sumatera Utara, disinyalir olehnya merupakan ulah oknum yang ingin terjadi gesekan antar agama di Indonesia. “Banyak pihak yang tak senang dengan terjadinya kerukunan antar umat beragama di Indonesia. Dengan berbagai cara salah satunya isu gesekan antar agama selalu dihembuskan agar terjadi konflik antar beragama, antar adat dan antar komponen di Indonesia,” katanya.

Sehingga, lanjut Jafar Hafsah , beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab mencoba langsung atau tidak langsung memunculkan kondisi yang kurang kondusif untuk toleransi dan kehidupan bersama ini termasuk di Tanjung Balai beberapa waktu lalu.  “Selain itu juga adanya pengaruh kelompok-kelompok tertentu di dunia internasional dengan perkembangan komunikasi yang begitu pesatnya sekarang ini,”ujarnya.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

23 Tahun Reformasi, Indonesia Masih Kecanduan Impor Pangan

JAKARTA-Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan menyampaikan pidato

Di Summit of Women Speakers, Puan Dorong Kepemimpinan Perempuan di Dunia Politik

UZBEKISTAN-Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Inter-Parliamentary Union (IPU) 14th