Teknologi Jadi Enabler Sektor Industri

Tuesday 8 Jan 2019, 8 : 26 pm
by
Menkominfo Rudiantara menjadi salah satu pembicara pada Diskusi Outlook Perekonomian Indonesia 2019 di Ritz Carlton Jakarta, Selasa (8/1/2019)

JAKARTA-Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyakini teknologi sebagai variabel yang memengaruhi ekspor dan impor. Tak hanya itu, teknologi bisa menjadi enabler sektor industri. Hal itu sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengantisipasi perkembangan industri 4.0. 

“Teknologi bisa menjadi enabler dari sektor industri yang produk-produkya bisa di ekspor juga di impor. Teknologi berkembang cepat, sedangkan kita bukan negara inventor, tapi kita tidak bisa tinggal diam. Kita tahu teknologi di komunikasi adalah broadband, dimana ada 3 yaitu network, device, dan application,” ungkapnya saat menjadi salah satu pembicara dalam Diskusi Outlook Perekonomian Indonesia 2019 di Ritz Carlton Jakarta, Selasa (08/01/2019).

Menurut Menteri Rudiantara, dari aspek jaringan atau network, saat ini Tiongkok mendominasi pasar dunia.

Baca juga :  Kagoya: Dana Otsus Diberi ke Pengusaha Asli Papua Sebagai Modal Usaha

“Begitu juga dengan Korea, untuk itu kita menerapkan kebijakan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri.red). Pada awal 2018, sebelum kebijakan TKDN, impor kita mencapai USD 4-5 miliar, ini mempengaruhi defisit kita. Kami dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan mendorong TKDN. Kita harus logis dan komitmen untuk investasi juga harus fleksibel,” tambah Rudiantara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Yakin Bawa Perubahan, LKPI: Sudaryono Unggul Dalam Survei Pilgub Jateng 2024

JAKARTA – Survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) dengan tema

BI dan Bank Sentral Uni Emirat Arab Sepakati Kerja Sama Sistem Pembayaran

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Uni Emirat