Kredit Perbankan Tumbuh Stabil di Level 11,05%

Thursday 27 Jun 2019, 12 : 28 am
by
ilustrasi

JAKARTA-Kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan masih positif di bulan Mei 2019. Kredit perbankan tumbuh stabil di level11,05% yoy, didorong oleh pertumbuhan kredit investasi yang terus meningkat ke level 15,70% yoy yang merupakan level tertingginya dalam tiga tahun terakhir.

“Sementara itu, pertumbuhan piutang pembiayaan sedikit meningkat ke level 5,03% yoy,” ujar Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Manajemen Strategis OJK, Anto Prabowo di Jakarta, Rabu (26/6).
.
Dari sisi penghimpunan dana, jelasnya Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan tumbuh sebesar 6,27% yoy, didorong oleh pertumbuhan deposito sebesar 8,84% yoy.

Sementara itu, sepanjang Januari sampai dengan Mei 2019, asuransi jiwa dan asuransi umum/reasuransi berhasil menghimpun premi masing-masing sebesar Rp73,18 triliun dan Rp41,83 triliun.

Baca juga :  Semester I-2014, Bank Danamon Raih Laba Bersih Rp 1,489 T

“Diperiode yang sama, penghimpunan dana melalui pasar modal mencapai Rp54,7 triliun, dengan jumlah emiten baru sebanyak 12 perusahaan,” terangnya.

Dia menjelaskan, lembaga jasa keuangan juga mampu menjaga profil risiko pada level yang terkendali. Risiko kredit perbankan berada pada level yang rendah, tercermin dari rasio Non-Performing Loan (NPL) gross perbankansebesar 2,61% (NPL net: 1,18%).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pengusaha Batik Keluhkan Suplai Bahan Baku

JAKARTA-Industri batik terus tumbuh seiring dengan penobatan batik sebagai identitas

RUU PPDLN Maksimalkan Peran Pemda

JAKARTA-Revisi UU No. 39/2004 tentang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di