Agustus 2023, Cadangan Devisa Indonesia US$137,1 Miliar

Thursday 7 Sep 2023, 9 : 08 pm
Cadangan Devisa/Ilustrasi

JAKARTA-Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2023 turun tipis menjadi sebesar US$137,1 miliar, dibandingkan US$137,7 posisi pada akhir Juli 2023.

Hal itu disampaikan oleh Erwin Haryono, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Menurut Erwin, penurunan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah dan kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar Rupiah sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global.

Posisi cadangan devisa tersebut, lanjut dia, setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Ini juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” ujarnya.

Ke depan, lanjut dia, Bank Indonesia memandang cadangan devisa akan tetap memadai.

“Serta didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” pungkas Erwin. (ANES)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Aktif di Media Sosial, Waspada Konten Negatif

JAKARTA-Direktur Jenderal Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika

Pasar Antisipasi Rilis GDP 3Q13

JAKARTA-Bursa AS sepanjang libur kemarin bergerak relatif flat dengan penguatan