BI: Cadangan Devisa Januari 2024 Turun Jadi US$145,1 Miliar

Wednesday 7 Feb 2024, 7 : 06 pm
Cadangan Devisa/Ilustrasi

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mengumumkan, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Januari 2024 tercatat sebesar US$145,1 miliar.

Angka ini turun 0,89%  dibandingkan dengan posisi pada akhir Desember 2023 sebesar US$146,4 miliar.

Erwin Haryono, Asisten Gubernur Bidang Departemen Komunikasi BI, mengemukakan, penurunan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi jatuh tempo pembayaran  utang luar negeri pemerintah. 

Erwin menjelaskan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,6 bulan impor atau 6,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (07/2/2024).

Ke depan, menurut Erwin, BI memandang cadangan devisa akan tetap memadai.

Ini didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan sinergi respons bauran kebijakan yang ditempuh BI dan Pemerintah dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Zulhas Apresiasi Jokowi Tolak Impor Beras

JAKARTA-Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengapresiasi sikap

Tingkatkan Kepastian Usaha, Mendag Rilis Permendag 56/2014

JAKARTA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan penyempurnaan terhadap beberapa substansi dalam Peraturan