Aiman: Sebagai Jurnalis, Saya Memegang Hak Tolak

Wednesday 31 Jan 2024, 4 : 12 pm
Juru Bicara TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono

JAKARTAJuru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo – Mahfud MD, Aiman Witjaksono  menegaskan dirinya memiliki ‘hak tolak’ untuk tidak menyebutkan narasumbernya, termasuk saat dimintai keterangan oleh pihak penyidik di kepolisian.

Hal ini adalah prinsip seorang jurnalis yang memegang teguh integritas dan kode etik jurnalistik.

Pernyataan itu disampaikan Aiman Witjaksono, dalam konferensi pers di Media Lounge TPN, Cemara, Jakarta, 30 Januari 2024.

“Saya tetap memegang teguh komitmen saya untuk tidak pernah membuka identitas narasumber saya, dengan risiko apapun. Saya meyakini mereka adalah orang-orang baik yang menjaga kredibilitasnya, sehingga saya wajib melindungi identitas mereka, walaupun ada risiko saya atas itu,” kata Aiman.

Dalam konferensi pers ini, Aiman didampingi Wakil Direktur Eksekutif Hukum TPN Finsensius Mendrofa, dan Wakil Direktur Hukum dan Kajian TPN Heru Muzaki.

Aiman menegaskan, ini bukan soal Aiman, Palty, atau Butet, tetapi merupakan haknya sebagai warga negara mengingatkan kekuasaan agar Pemilu 2024 bisa berjalan damai, jujur, dan adil.

Pada kesempatan ini, Finsensius Mendrofa menyampaikan, Tim Kedeputian Hukum TPN sudah datang ke Dewan Pers dan memberikan verifikasi atas validitas Aiman sebagai jurnalis saat kasus itu terjadi, November 2023 lalu.

“Kami memberi klairifikasi atas permohonan perlindungan kepada Dewan Pers. Baik validiitas Aiman sebagai jurnalis, maupun verifikasi data narasumber juga sudah kami sampaikan,” paparnya.

Tim Hukum TPN pun mendukung Aiman memegang hak tolak sebagai jurnalis, sesuai UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers Pasal 4 Ayat 4, “Dalam mempertanggungjawabkan pemberitaan di depan hukum, wartawan mempunyai hak tolak.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Dirumorkan Retak oleh Media Asing, Ganjar: Kita Kompak, Kita Solid

JAKARTA-Calon Presiden, Ganjar Pranowo, membantah rumor yang ditulis media asing

Listing Perdana, Harga PGEO Dibuka Langsung Menguat 5,71%

JAKARTA-Harga saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) saat memulai