Anggaran BPJS Diprediksi Capai Rp56 Triliun

Tuesday 17 Dec 2013, 8 : 42 pm
Rieke Dyah Pitaloka

JAKARTA-Biaya untuk mengcover kesehatan seluruh rakyat Indonesia yang masuk dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) diprediksi hanya mencapai Rp56,7 triliun. Jumlah penduduk Indonesia sekitar 240 juta jiwa, sementara perkiraan biaya iuran Rp20.000/bulan. “Itupun berdasarkan riset PT.Askes, hanya sekitar 25 persen dari dana itu yang akan terpakai,” kata anggota Komisi IX DPR dari FPDIP Rieke Diah Pitaloka di Jakarta, Selasa,(17/12).

Oleh karena itu, sambung Rieke, tinggal pemerintah mau serius atau tidak melaksanakan BPJS. “Apakah Pemerintah hendak mempertaruhkan keselamatan dan nyawa rakyatnya semata demi kepentingan menjelang pemilu 2014,” ungkapnya

Menurut Rieke, guna mencegah dan mengantisipasi persoalan timbul saat pemberlakuan BPJS nanti, maka seluruh elemen masyarakat bersama-sama bekerja demi memperjuangkan pelaksanaan BPJS Kesehatan agar berjalan baik dan lancar.

Baca juga :  Sillo Maritime Perdana Bagi Dividen Rp54,39 Miliar

Rieke menambahkan runyamnya masalah BPJS ini karena pemerintah tidak memiliki komitmen dalam menyediakan layanan BPJS Kesehatan untuk seluruh warga masyarakat. “Karena pemerintah hanya mau mengkover 86 juta warga miskin dengan kriteria rumahnya tak berlantai semen dan tak memiliki sepeda motor,” paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Big Data Kependudukan Memudahkan Layanan Perbankan

JAKARTA-Ibarat air, kalau tidak dialirkan lama-lama akan menjadi sarang nyamuk
Salamudin Dang

Pemerintahan Jokowi Sudah Tak Dipercaya Lagi

Oleh: Salamuddin Daeng Di saat Pemerintah Indonesia mengalami kesulitan keuangan,