April 2024, Kredit Perbankan Tumbuh 13,09%

Jumat 24 Mei 2024, 8 : 01 am
ILustrasi

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan kredit perbankan terus meningkat.

Asisten Gubernur Bank Indonesia (BI) Bidang Kepala Departemen Komunikasi, Erwin Haryono menjelaskan pada April 2024, kredit tumbuh tinggi sebesar 13,09% (yoy).

Ini didorong oleh pertumbuhan kredit di banyak sektor, seperti sektor industri, jasa dunia usaha, dan perdagangan, sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, tingginya permintaan kredit dipengaruhi oleh sisi penawaran, sejalan dengan terjaganya appetite perbankan yang didukung oleh tingginya permodalan, berlanjutnya strategi realokasi aset ke kredit oleh perbankan, dan diterapkannya Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) yang menjaga kecukupan likuiditas perbankan.

Dia menjelaskan pertumbuhan kredit tersebut juga ditopang oleh pertumbuhan DPK yang terus meningkat, yang mencapai 8,21% (yoy) pada April 2024.

Dari sisi permintaan, pertumbuhan kredit didukung oleh kinerja korporasi dan rumah tangga yang tetap terjaga baik.

Berdasarkan kelompok penggunaan, pertumbuhan kredit ditopang oleh kredit investasi, kredit modal kerja, dan kredit konsumsi yang masing-masing tumbuh sebesar 15,69% (yoy), 13,25% (yoy), dan 10,34% (yoy).

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI: Suku Bunga Acuan Tetap Enam Persen

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan suku bunga acuan sebesar enam

Ini 5 Program Prioritas Pemerintah Agar Kompetitif di Pasar Global

JAKARTA-Pemerintah memiliki 5 Program Kerja Prioritas agar kompetitif di pasar