Atur Kembali Portofolio Investasimu

Wednesday 6 Sep 2023, 3 : 52 pm
by
Krizia Maulana – Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

Oleh karena itu kami sarankan untuk melakukan evaluasi portofolio investasi secara rutin, bisa berdasarkan waktu yang telah ditentukan, misalnya setiap enam bulan sekali, atau berdasarkan ambang batas ketika bobot portofolio sudah menyimpang dari target yang ditentukan di awal.

Namun, jika terjadi kondisi luar biasa di pasar yang bisa berdampak pada investasi kita, maka lakukan evaluasi di luar jadwal atau lebih cepat dari jadwal.  Hal ini penting dilakukan agar tujuan keuangan dapat tercapai sesuai jadwal.

Sesuaikan dengan tujuan dan profil risiko

Ketika melakukan evaluasi portofolio, lihat kinerja masing-masing jenis aset.

Apakah sudah sesuai dengan target/rencana atau tidak?

Selain itu, dengan pergerakan harga pasar, lihat apakah komposisi portofolio masih sesuai dengan toleransi risiko kita atau sudah berubah

Secara singkat, profil risiko dibagi menjadi tiga, yaitu konservatif, moderat, dan agresif.

Investor dengan profil risiko konservatif/ moderat disarankan untuk melakukan penempatan investasi dengan bobot yang lebih dominan pada reksa dana pasar uang atau reksa dana pendapatan tetap, dan sedikit alokasi di reksa dana saham yang berfungsi sebagai booster.

Sedangkan bagi investor dengan profil risiko agresif disarankan untuk melakukan penempatan yang lebih dominan di reksa dana saham dan sedikit alokasi di reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang sebagai penyeimbang.

Dalam reksa dana saham sendiri, manajer investasi membagi pengelolaannya dalam dua strategi, yaitu strategi core dan strategi high conviction.

Pada reksa dana dengan strategi core pemilihan aset dasar dilakukan dengan melakukan analisa makro ekonomi terlebih dahulu, menentukan pilihan sektoral kemudian baru diikuti dengan pilihan saham dengan potensi kinerja terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Yordania Apresiasi Indonesia, Mampu Sebarkan Islam Moderat

JAKARTA-Pemerintah Kerajaan Yordania memberi apreasi yang tinggi atas pemerintah Indonesia

Perpadi: Beras Cukup Sampai Akhir Tahun

JAKARTA-Wakil Ketua Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (PERPADI),