Bangun 16 SPBG Serap Investasi Rp260 Miliar

Thursday 12 Dec 2013, 2 : 59 pm
Kompas.com

JAKARTA-BUMN gas, PT PGN Tbk menegaskan segera membangun 16 stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) pada 2014. Adapun pembangunan 16 SPBG itu menelan investasi Rp260 miliar. “Kami siapkan investasi ini dari kas internal Rp260 miliar,” kata Sekretaris Perusahaan PGN Heri Yusup di Jakarta, Kamis, (12/12).

Wilayah pembangunan 16 SPBG tersebut berlokasi di Jabodetabek dan Sukabumi, Jabar sebanyak 12 unit, lalu Jatim 3 unit, dan Pakanbaru, Riau 1 unit. Saat ini, PGN sudah memiliki dua unit SPBG bergerak (mobile refueling unit/MRU).

Satu unit MRU ditempatkan di Kawasan Monas, kata Heri, Jakarta Pusat dan lainnya direncanakan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. “Sebagian besar SPBG yang dibangun pada 2014 mendapat suplai gas langsung melalui pipa (online) dan setidaknya dua unit lainnya berjenis MRU,” tambahnya.

Heri optimis SPBG yang dibangun nantinya memiliki pasar khususnya ribuan kendaraan transjakarta yang akan beroperasi dalam waktu dekat. “SPBG yang ada sekarang, tidak mencukupi kalau ribuan kendaraan itu datang,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengharapkan, pemerintah memberi penugasan kepada PGN agar pembangunan SPBG tersebut bisa lebih cepat. Dengan penugasan tersebut, lanjutnya, maka PGN bisa membeli gas untuk kebutuhan transportasi dengan harga sesuai Keputusan Menteri ESDM Nomor 2261K/12/MEM/2013 yakni 4,72 dolar AS per juta “British thermal unit” (MMBTU).

Kepmen ESDM tentang Ketentuan Harga Jual Gas Bumi dari KKKS dan Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Gas Bumi Melalui Pipa untuk Alokasi BBG yang ditandatangani Jero Wacik pada 8 Mei 2013 menyebutkan pula, harga gas untuk transportasi itu tidak dikenakan eskalasi, “take or pay” (kewajiban pembelian) dan “stand by letter of credit” (jaminan perbankan).

Menurut Heri, saat ini, PGN masih membeli harga gas untuk transportasi dengan skema komersial dan itu memberatkan. “PGN tidak bisa mengatur harga BBG ke konsumen,” pungkasnya. **cea

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BNI Syariah

BNI Syariah Lakukan Program Pelatihan Masjid di Cirebon

CIREBON-BNI Syariah terus mengoptimalisasi peran masjid dalam hal manajemen dan

Kuartal Pertama, Laba Bersih BBNI Anjlok Jadi Rp2,38 Triliun

JAKARTA-Selama tiga bulan pertama tahun ini, PT Bank Negara Indonesia