Bank KB Bukopin Salurkan Kredit Hijau Rp 309 Miliar ke Anak Usaha Indika Energi

Tuesday 10 Oct 2023, 8 : 18 pm
by
ILUSTRASI

JAKARTA-Bank KB Bukopin terus mewujudkan komitmennya dalam penerapan prinsip keberlanjutan yang sejalan dengan pilar Environment, Social, dan Governance (ESG).

Hal ini dilakukan perseroan dengan memacu laju portofolio hijau yang bergerak pada sektor energi terbarukan, produk eko-efisien, serta transportasi ramah lingkungan atau Electric Vehicle (EV).

Sebagai wujud nyata komitmen tersebut, Bank KB Bukopin memberikan fasilitas kredit sejumlah senilai USD 20 juta, atau lebih dari Rp 309 Miliar kepada PT Energi Makmur Buana (INVI), yang merupakan anak usaha dari PT Indika Energy.

Fasilitas kredit tersebut diberikan untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik komersional Nasional, diantaranya yaitu dengan pengadaan Electric Bus untuk Trans Jakarta dan termasuk pembiayaan untuk pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Penandatanganan surat persetujuan pemberian fasilitas kredit dilakukan oleh Kepala Divisi Bisnis Wholesale PT Bank KB Bukopin, Feisel Martha bersama President Director PT Energi Makmur Buana, Andreas Justiabel di Kantor Pusat Bank KB Bukopin, Senin 2 Oktober 2023.

Perjanjian fasilitas antara Bank KB Bukopin dengan INVI tersebut memiliki jangka waktu hingga dua belas bulan sejak tanggal penandatanganan tersebut berlangsung.

Bank KB Bukopin memiliki komitmen yang sama untuk mepercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

KB Bukopin percaya bahwa kemitraan dengan INVI sebagai anak perusahaan Indika Energy merupakan langkah yang signifikan dan selaras dengan komitmen pemerintah untuk menciptakan green mobility dengan mengadopsi teknologi menuju netral karbon.

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong mengatakan percaya dengan ikut aktif dalam pembiayaan berbasis ESG, dapat memberikan dorongan untuk mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan, mendorong inovasi teknologi dan menciptakan lapangan kerja baru di sektor ini.

“Selain itu kami melihat pembiayaan hijau sendiri mempunyai potensi yang besar di Indonesia. Pembiayaan hijau berpotensi meningkat sejalan dengan tumbuhnya perekonomian secara umum, maupun ekosistem ekonomi hijau secara khusus,” jelasnya.

“Terlebih Pemerintah sebagai regulator memberikan dukungan penuh bagi perbankan untuk menyalurkan kredit hijau tersebut. Kami berharap kemintraan dengan PT Energi Makmur Buana dapat mengakselerasi pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pasal-pasal “Selundupan” Dalam UU Cipta Kerja

Oleh: DR. Azmi Syahputra UU Cipta Kerja yang disahkan 5

BTN dan Pemprov Bengkulu Bangun Monumen Fatmawati

JAKARTA-Gubernur Propinsi Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Sukmawati beserta beberapa keluarga