Begini Kiat Kemendag Atasi Kendala Ekspor Perdana

Tuesday 28 Sep 2021, 12 : 13 am
by
Pendampingan ini dinilai penting untuk menambah wawasan mengenai kendala dan juga cara pengatasinya agar para pelaku usaha bisa meningkatkan kapasitasnya sebagai eksportir.
Program pendampingan ekspor (Export Coaching Program atau ECP) untuk para pelaku usaha di sejumlah daerah.

JAKARTA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya membantu para pelaku usaha yang ingin melakukan ekspor perdana ke pasar luar negeri.

Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Heryono Hadi Prasetyo mengungkapkan, terdapat beberapa kendala yang sering dihadapi pelaku usaha dalam melakukan ekspor perdana.

Kendala tersebut diantaranya keterbatasan kapasitas produksi, sumber daya manusia, pemahaman mengenai persyaratan, dan strategi promosi.

“Kendala lainnya yakni terdapat keterbatasan pengetahuan tentang regulasi ekspor, baik di dalam negeri maupun di negara tujuan ekspor,” ujar Kepala PPEI dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (27/9/2021).

Untuk mengatasi kendala itu, kata Kepala PPEI, Kemendag telah menggelar program pendampingan ekspor (Export Coaching Program atau ECP) untuk para pelaku usaha di sejumlah daerah.

Pendampingan ini dinilai penting untuk menambah wawasan mengenai kendala dan juga cara pengatasinya agar para pelaku usaha bisa meningkatkan kapasitasnya sebagai eksportir.

“Peserta diharapkan dapat menambah wawasan mengenai cara mengatasi berbagai kendala yang dihadapi untuk menjadi eksportir yang tangguh,” kata dia.

Lebih lanjut Kepala PPEI menjelaskan, program ECP terdiri atas delapan tahapan yang harus dilalui oleh para pesertanya.

Dalam program ini, PPEI berkolaborasi dengan pemerintah daerah, yang diwakili oleh Dinas Perdagangan Provinsi terkait untuk memberikan pengarahan dan pendampingan hingga berhasil menembus pasar ekspor.

“PPEI bersama para pengajar dan tim dari Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan dan Daerah Istimewa Yogyakarta berkomitmen untuk memotivasi dan mendampingi peserta agar berhasil menembus pasar ekspor,” imbuh dia.

Kepala PPEI juga mengatakan keberhasilan tersebut tidak lepas dari kemauan pelaku UKM dalam mengikuti proses pendampingan dan berkonsultasi dengan pengajar untuk hal-hal yang bersifat teknis dalam persiapan ekspor, seperti kelengkapan dokumen dan proses pengiriman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Akom Tuding MKD Telah Mendzolimi

JAKARTA-Mantan Ketua DPR Ade Komarudin menegaskan siap melawan keputusan Mahkamah

Malindo Air Luncurkan Rute Baru Internasional

PETALING JAYA-Malindo Air meluncurkan rute baru internasional seiring menjawab permintaan