Bank Dunia Dukung Berdayakan G20-ASEAN Untuk Kebut Transisi Energi di Indonesia

Selasa 15 Nov 2022, 6 : 45 pm
Bank Dunia Dukung Berdayakan G20
Ketua DPR Puan Maharani dan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menghadiri KTT G20 di Bali/Foto: ekon.go.id

Fahmy menekankan pentingnya agenda G-20 untuk mengingatkan negara maju dan lembaga internasional terkait Paris Agreement.

Kesepakatan itu mencakup bantuan untuk mitigasi perubahan iklim dengan memberikan dukungan pada aspek pendanaan, teknologi, dan peningkatan kapasitas pada negara berkembang.

Namun begitu, kondisi global sekarang sedang tidak baik-baik saja, sehingga realisasi komitmen tersebut akan terkendala.

“Itu saya kira forum yang tepat untuk menagih janji negara maju dan World Bank, hanya masalahnya saat ini sedang krisis global. Bahkan negara maju pertumbuhan ekonominya sangat rendah, sehingga barangkali akan sulit juga kalau harus mengeluarkan dana untuk itu. Yang bisa dilakukan hanya itu. Harus realistis juga karena sekarang masih krisis global,” imbuhnya.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto

Meski demikian, Fahmy menilai Indonesia harus mampu memanfaatkan momentum Presidensi G-20 dan Keketuaan ASEAN 2023 untuk meneguhkan komitmen Paris Agreement.

Indonesia bisa menggalang suara dari negara ASEAN dan negara berkembang lain seperti Brasil untuk bersama menyuarakan mitigasi perubahan iklim.

“Saya kira bisa juga seperti itu atau menguatkan komitmen agar mereka merealisasikan. sebab tanpa bantuan dari negara maju dan World Bank saya kira mustahil negara berkembang, termasuk Indonesia untuk mewujudkan transisi energi,” pungkasnya.

Harus Dikejar

Sedangkan Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan harus terus dikejar realisasinya.

“Komitmen bantuan dari negara atau lembaga dunia harus dikejar, jangan hanya jadi sekedar wacana,” kata Mamit, Selasa (15/11/2022).

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

BNI Dukung Sosialisasi NIT dan IKD Dukcapil Kepada Diaspora di Hong Kong

JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) sebagai bank milik

Joe Biden Diminta Lanjutkan Pembicaraan Damai Dengan Korea Utara

JAKARTA-Pembicaraan damai di Semenanjung Korea akan menghadapi dinamika baru tak