Bertemu Ketua DPR Malaysia, Puan Bawa Isu Perlindungan WNI dan Pekerja Migran

Monday 2 Oct 2023, 10 : 44 pm
Ketua DPR RI Puan Maharani

MALAYSIA-Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Dewan Rakyat Malaysia, Dato Johari Bin Abdul di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam pertemuan itu, Puan membawa isu perlindungan WNI dan mendorong memperbanyak Community Learning Center (CLC) bagi anak Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Perlindungan terhadap seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia, termasuk para pekerja dan pelajar, juga merupakan isu yang menjadi perhatian saya,” kata Puan saat bertemu Dato Johari Bin Abdul di Gedung Parlemen Malaysia, Senin (2/10/2023).

Menurut data Dirjen Imigrasi, sekitar 2 juta PMI yang Prosedural dan unprosedural berada di wilayah Malaysia.

Tidak sedikit pula pekerja Indonesia yang mengalami eksploitasi, mendapatkan kekeradan fisik hingga kekerasan seksual saat bekerja di negeri jiran tersebut.

Puan berharap pimpinan parlemen Malaysia memberi perhatian lebih terhadap PMI mengingat banyaknya kasus yahg merugikan PMI selama ini.

“Saya berharap di bawah kepemimpinan Yang Mulia sebagai Ketua Dewan Rakyat, maka Malaysia dapat memberikan perhatian dan perlindungan penuh bagi para WNI dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia,” tutur perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini.

Dalam kesempatan itu, Puan pun menyinggung pentingnya penguatan hubungan antar masyarakat Indonesia dengan Malaysia yang dapat dilakukan dengan berbagai program.

Salah satunya dengan program pendidikan bagi kedua negara.

“Saya juga mendorong jumlah Community Learning Centers (CLC) di Malaysia dalam rangka memfasilitasi akses pendidikan bagi anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) Malaysia,” sebut Puan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

SKK Migas Apresiasi 10 Kontraktor KKS Eksplorasi

JAKARTA-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas

Mahfud Mau Gaspol Bareng Ganjar Berantas Korupsi

BEKASI-Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD menghadiri Rapat Akbar Laju