Bertemu Parlemen Brunei, Puan Dukung Peluang Investasi di Proyek IKN

Wednesday 9 Aug 2023, 5 : 28 pm
by
Ketua DPR RI sekaligus Presiden Inter Parliamentary Assembly (AIPA) 2023, Puan Maharani melakukan bilateral meeting dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kerajaan Maroko, Rachid Talbi El Alami

JAKARTA-Ketua DPR RI sekaligus Presiden Inter Parliamentary Assembly (AIPA) 2023, Puan Maharani melakukan bilateral meeting dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kerajaan Maroko, Rachid Talbi El Alami di sela-sela Sidang Umum AIPA ke-44.

Dalam pertemuan itu, kedua pimpinan parlemen kedua negara sepakat untuk mendorong kemerdekaan Palestina.

“Kemerdekaan Palestina masih menjadi hutang sejarah yang perlu terus kita perjuangkan,” kata Puan dalam pertemuan yang diselenggarakan di Fairmont Hotel, Jakarta, Rabu (8/8/2023).

Saat bilateral meeting dengan Delegasi Maroko yang merupakan negara observer di Sidang Umum ke-44 itu, Puan didampingi oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Parlemen (BKSAP) DPR RI Gilang Dhilafararez dan Anggota Komisi IV DPR RI Ravindra Airlangga.

Sementara itu, Rachid didampingi oleh Direktur Kabinet Parlemen Maroko Chaqri Ahmed, Anggota Kabinet Parlemen Anas Ben Abdelkrim El Filali dan Duta Besar Kerajaan Marokko di Indonesia, Ouadiâ Benabdellah.

Puan pun menganggap pertemuan ini menjadi kesempatan untuk memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Maroko yang sudah terjalin sejak dibukanya hubungan diplomatik pada 1960.

Moroko sendiri merupakan mitra strategis Indonesia sejak kedua negara berupaya melepaskan diri dari penjajahan kolonial.

“Kunjungan Presiden Soekarno ke Rabat pada tanggal 2 Mei 1960, sebagai kunjungan kepala negara pertama di dunia ke Maroko pasca-kemerdekaan. Lalu keberadaan Jalan Soekarno, sebagai salah satu jalan utama di Rabat, menjadi bukti penguat dekatnya hubungan Indonesia dan Maroko,” terang Puan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Anas Thahir: Jangan Abaikan Nasib Pegawai Honorer

BANYUWANGI-Ratusan ribu pegawai honoret K2 hingga kini nasibnya belum jelas,

Walikota Pangkalpinang Sediakan Skema Modal Kerja Mantan Napi

JAKARTA-Pemerintah Kota Pangkalpinang membuat terobosan positif terkait nasib para narapidana