BI Akui Cadangan Devisa Turun Rp3,58 T

Kamis 7 Mar 2013, 10 : 57 am

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mengungkapkan cadangan devisa mengalami penurunan sekitarRp3,58 triliun. Data BI menunjukkan sampai dengan akhir Februari 2013 mencapai USD105,2 miliar atau setara dengan 5,7 bulan impor. Padahal pada akhir Januari 2013 mencapai USD108,78 miliar atau setara dengan 5,9 bulan impor.

Menurut Direktur-Kepala Grup Hubungan Masyarakat BI Difi A Johansyah, , di sisi eksternal, defisit transaksi berjalan diprakirakan menurun pada triwulan I-2013. “Defisit transaksi berjalan yang menurun tersebut didukung oleh ekspor yang cenderung meningkat sejalan dengan membaiknya harga komoditas internasional,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/3)

Sementara itu, impor nonmigas diprakirakan cenderung melemah di tengah risiko semakin meningkatnya impor migas yang perlu terus diwaspadai. Di sisi lain, arus modal masuk, baik dalam bentuk investasi langsung (FDI) maupun investasi portofolio, diprakirakan masih cukup tinggi di tengah masih besarnya kebutuhan likuiditas valas domestik, antara lain untuk keperluan impor migas.

Ada kemungkinan turunnya cadangan devisa ini disebabkan operasi BI terhadap menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Alasannya, kekhawatiran akan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dirasakan oleh beberapa ekonom. Pasalnya keadaan tersebut akan terus berlanjut apabila Bank Indonesia (BI) tidak segera mengambil langkah melalui cadangan devisa untuk mengambil valas dalam bantuk rupiah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kaesang Pangarep

Kaesang Gabung ke PSI, Perkuat Dukungan Jokowi kepada Prabowo?

JAKARTA-Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi menjadi
IHSG, bursa saham, sekuritas

Gerak Variatif IHSG Cenderung Melemah

JAKARTA-Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan di awal