BTPN Terbitkan Obligasi Rp800 Miliar

Thursday 27 Jun 2013, 2 : 58 pm
by

JAKARTA-PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) menerbitkan dan menawarkan Obligasi Berkelanjutan II Dengan Tingkat Bunga Tetap, dengan target keseluruhan senilai  4 triliun rupiah untuk masa dua tahun kedepan. Penerbitan obligasi ini  untuk mendukung pengembangan bisnis perusahaan, khususnya dalam memberikan akses pembiayaan seluas-luasnya bagi segmen masyarakat berpenghasilan rendah serta Usaha Mikro dan Kecil (mass market). “Penerbitan Obligasi Berkelanjutan merupakan bagian dari strategi BTPN untuk menjamin pendanaan jangka panjang dan sebagai pendukung dana yang dihimpun dari masyarakat sehingga BTPN dapat menjalankan fungsi intermediasi lebih optimal,” ungkap Direktur Keuangan BTPN, Arief Harris, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (27/6).
Arief menjelaskan, penawaran dan penerbitan Obligasi Berkelanjutan II Tahap I Tahun 2013 yang berlaku efektif pada 26 Juni 2013 ini dilakukan ditengah dinamika pasar yang terdampak kenaikan BBM dan trend inflasi yang meningkat. Kondisi ini menyebabkan ekspektasi dari investor atas yield obligasi juga meningkat, karena para investor memprediksi kenaikan inflasi akan diikuti dengan kenaikan suku bunga. “Bagi kami, penerbitan obligasi merupakan hal yang rutin kami lakukan, sebagai bagian dari rencana pendanaan jangka panjang. Tentunya kami juga memperhatikan cost of fund dari penerbitan obligasi tersebut,” ujar Arief.
Dengan pertimbangan tersebut serta melihat dinamika pasar saat ini, maka BTPN memutuskan untuk membatasi jumlah penerbitan pokok Obligasi Berkelanjutan II Tahap I tahun 2013 menjadi Rp 800 miliar. “Jumlah tersebut sesuai dengan kebutuhan pendanaan BTPN saat ini,” tutup Arief.
Obligasi Berkelanjutan II Tahap I Tahun 2013 terdiri dari  2 (dua) seri, yaitu Seri A dengan Jumlah Pokok Obligasi yang ditawarkan sebesar 450 miliar rupiah dengan tingkat bunga tetap sebesar 7,75 persen  per tahun, berjangka waktu 3 (tiga) tahun; dan Seri B dengan jumlah Pokok Obligasi yang ditawarkan sebesar 350 miliar rupiah dengan tingkat bunga tetap sebesar 8,25 persen per tahun, berjangka waktu 5 (lima) tahun.
Seluruh dana yang diperoleh dari hasil emisi obligasi ini, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, akan dipergunakan untuk pertumbuhan usaha yang fokus dalam mengembangkan masyarakat berpenghasilan rendah serta usaha mikro dan kecil. 
Obligasi Berkelanjutan II BTPN mendapat National Long-term rating AA- (idn) dengan prospek peringkat Stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia. Pemeringkatan ini mencerminkan kemampuan BTPN dalam menjaga kualitas aset perusahaan, perbaikan struktur pendanaan dan kinerja yang kuat. Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi adalah PT Danareksa Sekuritas, PT Indo Premier Securities, dan PT Standard Chartered Securities Indonesia. Sementara wali amanat dipercayakan kepada Bank Permata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Maruf Ajak Cucu Main di Taman Kodok

JAKARTA-Cawapres KH Ma’ruf Amin bersama istri Nyai Wury Estu Handayani

Pesantren Berperan Sebagai Agen Pemberdaya Ekonomi Masyarakat

BANDUNG-Pesantren  memiliki potensi besar dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya pengembangan