Cadev Akhir September 2013 Mencapai US$95,7 M

Monday 7 Oct 2013, 8 : 35 pm
by

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat jumlah cadangan devisa (cadev) pada akhir September 2013 tercatat sebesar US$95,7 miliar, meningkat dari posisi pada akhir Agustus 2013 sebesar US$93,0 miliar. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah. “Jika hanya dibandingkan dengan impor, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,4 bulan impor,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi  BI, Difi A. Johansyah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (7/10).

Menurut dia, kenaikan jumlah cadangan devisa tersebut tidak terlepas dari langkah-langkah penguatan bauran kebijakan bank sentral untuk menjaga kestabilan nilai tukar rupiah dan koordinasi kebijakan dengan pemerintah untuk menurunkan defisit transaksi berjalan. Keyakinan pasar valuta asing domestik semakin kuat dengan penawaran dan permintaan valas yang semakin aktif dan berimbang dalam membentuk pergerakan nilai tukar rupiah. “Selain itu, kenaikan cadangan devisa didukung oleh langkah Pemerintah menerbitkan obligasi syariah negara dalam valuta asing sebagai salah satu sumber pembiayaan defisit fiskal,” pungkas dia.

Baca juga :  Pendapatan Bunga Bersih Bank KB Bukopin Naik 140,9% per Mei 2024

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Sinkronisasi Air Baku Jadi Lokomotif Layanan PAM

SURABAYA-Dalam rangka pemenuhan hak asasi atas air yang harus dipenuhi

Siap Melantai di BEI, PT Morenzo Abadi Perkasa Tbk Lepas 807 Juta Saham

JAKARTA-PT MORENZO ABADI PERKASA Tbk, (“Perseroan”) yang bergerak dalam bidang