CUAN Bakal Jadi Pengendali Tunggal PTRO

Thursday 15 Feb 2024, 5 : 07 pm
by
Petrindo Jaya Kreasi
PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk

JAKARTAPT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) melaporkan bahwa para pemegang saham telah menyetujui rencana perseroan yang akan mengakuisisi PT Petrosea Tbk (PTRO), sehingga nantinya emiten milik taipan Prajogo Pangestu ini akan menjadi pengendali tunggal PTRO.

“Akuisisi ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang perusahaan, dengan tujuan menambah aset dan pengembangan usaha jangka panjang grup perseroan menjadi perusahaan pertambangan dan jasa pertambangan terintegrasi,” kata Direktur Utama CUAN, Michael dalam siaran pers yang dikirim melalui surat elektronik, Kamis (15/2).

Dia mengatakan, rencana akuisisi tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham saat pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) CUAN di Jakarta, 12 Februari 2024.

Sebagaimana diketahui, akuisisi PTRO akan dilakukan melalui anak usaha CUAN, PT Kreasi Jaya Persada.

Seperti disampaikan manajemen CUAN saat pelaksanaan RUPS-LB, total aset CUAN setelah mengakusisi PTRO akan menjadi Rp13.4 triliun atau meningkat dari Rp2,3 triliun sebelum akuisisi.

Selain itu, total ekuitas akan bertambah menjadi Rp4,5 Triliun dari sebelumnya Rp1,8 triliun dan liabilitas pun akan meningkat menjadi Rp8,9 triliun.

Untuk periode yang berakhir 30 September 2023, laba usaha CUAN tercatat mencapai Rp501 miliar, sedangkan laba bersih sebesar Rp460 miliar.

Dengan adanya keputusan RUPS-LB tersebut, maka para pemegang saham CUAN telah menyetujui rencana pembelian sebanyak 342.925.700 juta lembar saham yang mewakili 34 persen kepemilikan atas PTRO melalui PT Caraka Reksa Optima.

“Rencana transaksi akusisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja operasional menjadi lebih efisien dan efektif dengan mengintegrasikan operasi, serta memperkuat portolio bisnis kami di sektor pertambangan batubara, emas, nikel, gas dan infrastruktur yang telah beroperasi penuh,” tutur Michael.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

10 Wilayah Ini Miliki Potensi Cadangan Gas Raksasa

JAKARTA-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus memburu cadangan

OJK-Kemenko Polhukam Perkuat Penegakan Hukum Sektor Jasa Keuangan

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum