Defisit Kembar, Lingkaran Setan Yang Menjerumuskan

Tuesday 2 Apr 2013, 10 : 29 pm
by

JAKARTA-Managing Director Paramadina Public Policy Institute, Wijayanto Samirin mengatakan masalah defisit kembar (twin deficits), menjadi ancaman terbesar perekonomian Indonesia di 2013. Twin deficit (defisit perdagangan dan defisit anggaran pemerintah) telah terjadi tahun 2012 dan akan terjadi tahun ini dengan magnitude yang lebih besar.

Di Indonesia kata dia, defisit kembar ini disebabkan empat hal. Pertama, harga komoditi ekspor Indonesia menurun, padahal merupakan lebih dari 50% ekspor. Kedua, pertumbuhan kelas menengah yang membutuhkan barang-barang yang tidak bisa diproduksi didalam negeri. Ketiga, impor minyak yang melejit karena harga minyak yang murah akibat subsidi, sekitar 60% trade defisit  Indonesia dari impor minyak. Dan keempat, potensi tidak tercapainya target pendapatan pajak, akibat perlambatan pertumbuhan ekonomi.
Menurut dia, jika dibiarkan maka Indonesia akan mengalami situasi seperti Amerika Serikat, dimana trade deficit dan budget deficit ditutup dengan hutang. Dalam jangka menengah, hutang akan menumpuk (kebanyakan hutang LN) sehingga akan semakin banyak resources dikeluarkan untuk membayar bunga, serta perekonomian Indonesia akan semakin rentan terhadap guncangan ekonomi global.  “Defisit kembar dalam jangka menengah sangat berbahaya, seperti downward death spiral, lingkaran setan yang menjerumuskan. Semakin lama dibiarkan, semakin sulit untuk mengatasinya,” jelas dia.

Baca juga :  Belum Punya Resolusi di Tahun Baru 2019? Simak Saran Berikut Ini
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Modernisasi Pertanian Kunci Ketahanan Pangan Nasional

JAKARTA- Kementerian Pertanian (Kementan) cukup serius mendorong program modernisasi alat

Kisah Dibalik Devosi Kebangsaan ‘Maria’ Bunda Segala Suku

Diawali dari Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), devosi terkini kepada Bunda