Diduga Acungkan Dua Jari, Ray Rangkuti Desak Bawaslu Panggil Iriana Jokowi

Sunday 28 Jan 2024, 10 : 33 pm
by
Direktur LIMA, Ray Rangkuti

JAKARTADirektur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti mendesak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  mengungkap  personel yang mengacungkan 2 jari dari dalam mobil dinas Kepresidenan.

Pemeriksaan wajib dilakukan Bawaslu untuk memastikan netralitas seorang pejabat publik, termasuk presiden pada penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu).

Ray mengungkapkan hal itu terkait dugaan bahwa Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, mengacungkan 2 jari dari dalam mobil dinas Kepresidenan,  saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada kunjungan kerja ke Salatiga, Jawa Tengah, pada 22 Januari 2024.

Tanda 2 jari yang diduga dilakukan Ibu Iriana, dinilai merujuk pada pasangan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka.

Gibran adalah  putra sulung dari Jokowi dan Ibu Iriana.

Menurut Ray, sebagai pengawas Pemilu, Bawaslu harus meminta keterangan dari pihak-pihak yang berada di dalam mobil dinas Kepresidenan untuk mengungkapkan  sosok yang mengacungkan 2 jari tersebut.

“Tak jelas sikap apalagi tindakan Bawaslu, terkait siapa yang mengacungan dua jari dari mobil dinas Kepresidenan. Pernyataan Bawaslu soal person siapa yang mengacungkan jari itu, justru menyiratkan bahwa Bawaslu belum melakukan tindakan atas hal ini,” kata Ray, di Jakarta, Minggu (28/1/2024).

Menyangkut Netralitas

Dia menjelaskan, kasus tersebut semestinya tidak dianggap remeh, melainkan dilihat sebagai kasus yang  penting diawasi karena menyangkut netralitas pejabat publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK Terima Hibah SPE Dari BEI

JAKARTA-PT Bursa Efek Indonesia telah menghibahkan Sistem Pelaporan Elektronik Emiten

Harga Listrik EBT Naik Guna Pancing Investor

JAKARTA-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikan harga jual