Diminati Dunia, Ekspor Produk Mainan Buatan Indonesia Tembus USD 383 Juta

Friday 9 Dec 2022, 12 : 26 pm
by
Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Reni Yanita dalam sambutannya mewakili Menteri Perindustrian pada acara Perluasan Lini Produksi dan Perayaan 30th Anniversary PT Mattel Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (8/12)

JAKARTA-Indonesia memiliki beragam potensi industri manufaktur yang ekspornya menjanjikan, salah satunya dari industri mainan.

Untuk itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya menjaga iklim usaha yang kodusif dalam pengembangan ekosistem industri mainan agar semakin banyak perusahaan berskala sedang dan besar berdaya saing global sehingga tren peningkatan ekspor terus berlanjut.

Kemenperin mencatat nilai ekspor industri mainan nasionalmencapai USD383 juta sepanjangJanuari-September 2022, naik 29,83 persendibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar USD295 juta.

“Hingga saat ini, negara utama tujuan ekspor mainan Indonesia antara lain adalah Amerika Serikat, Singapura, Inggris, China dan Jerman,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Reni Yanita dalam sambutannya mewakili  Menteri Perindustrian pada acara Perluasan Lini Produksi dan Perayaan 30th Anniversary PT Mattel Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (8/12).

Dirjen IKMA menyebutkan, jenis produk mainan yang paling banyak diekspor di antaranya boneka, stuffed toydan mainan model yang diperkecil.

Hingga saat ini, jumlah industri mainan berskala besar dan sedang di Indonesia mencapai 131 perusahaan, dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 36 ribu orang.

Sebagian besar industri tersebut berlokasi di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur

“Salah satu industri besar produsen mainan ternama yang telah berinvestasi di Indonesia dan turut berkontribusi menyerap tenaga kerja hingga 9.000 orang selama musim puncak adalah PT Mattel Indonesia,” ungkap Reni.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Airlangga ‘Setrum’ Industri Elektronika Jadi Sektor Berorientasi Ekspor

BATAM-Industri elektronika nasional terus menunjukkan daya saingnya yang semakin kompetitif

RUPS-LB Angkat Masamichi Yasuda Menjadi Komisaris Perseroan

JAKARTA-PT Bank Danamon Indonesia Tbk (”Perseroan”) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang