Dongkrak Harga Karet Alam, Mendag Bertemu Malaysia dan Thailand

Thursday 20 Nov 2014, 10 : 09 pm
by

KUALA LUMPUR-Pemerintah terus berupaya mendongkrak harga karet alam yang hingga saat ini masih terpuruk. Karena itu, semua negara produsen bersama dengan pelaku usaha harus bersatu melakukan sesuatu untuk meningkatkan harga karet pada tingkat yang menguntungkan baik untuk produsen maupoun konsumen.

Pada Kamis (29/11), Menteri Perdagangan Rachmat Gobel bertemu produsen terbesar karet alam dunia, Malaysia dan Thailand dalam forum International Tripartite Rubber Council (ITRC) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Tiga negara produsen karet alam terbesar dunia, yang menguasai 79% pangsa ekspor karet alam dunia, yakni Thailand, Indonesia, dan Malaysia membahas dan melakukan upaya agar negara-negara produsen karet alam dapat mendisiplinkan diri untuk tidak membanjiri pasar. Sebab, dalam tiga tahun terakhir, harga karet mencapai titik terendah. “Penurunan harga karet alam saat ini harus dapat kita perbaiki dengan cara pengelolaan supply. Indonesia sebagai negara produsen kedua terbesar dengan sekitar 2,4 juta petani karet yang terlibat langsung, sangat berkepentingan dan harus mendapatkan harga yang layak,” tegas Mendag.

Pertemuan tingkat Menteri ITRC ini dihadiri oleh Menteri Pertanian dan Koperasi Thailand, Menteri Perdagangan RI, dan Menteri Perladangan Komoditi Malaysia. Selain itu, juga diundang Menteri Perdagangan dari Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam (CLMV) yang menguasai sekitar 10% produksi dunia.

Keadaan perkaretan dunia saat ini mengalami tekanan yang cukup berat, karena besarnya stok karet di tangan industri yang mencapai lebih dari 2,4 juta sehingga harga karet menjadi tertekan mencapai sekitar USD 1,6/kg. Keadaan ini terus berlanjut di bulan November menjadi sekitar USD 1,54 cent/kg. Harga tersebut sudah jauh di bawah biaya produksi yang mengakibatkan harga beli kepada petani karet juga mengalami tekanan.

Mendag mengatakan bahwa semua negara produsen bersama dengan pelaku usaha harus bersatu melakukan sesuatu untuk mendongkrak harga karet pada tingkat yang menguntungkan baik untuk produsen maupoun konsumen, paling tidak kembali pada tingkat harga pada tahun 2011.

Sementara itu, ekspor karet alam Indonesia pada tahun 2010 mencapai USD 7,3 miliar dan tahun 2011 melompat menjadi USD 11,7 miliar. Namun, pada tahun 2013 turun menjadi USD 6,9 miliar. Turunnya ekspor Indonesia tersebut karena sangat dipengaruhi harga. Tingginya nilai ekspor tahun 2011 karena harga karet alam yang cukup tinggi melebihi USD 4/kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK Tetapkan Mantan Ketua BPA Asuransi Bumiputera Sebagai Tersangka

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan Ketua Badan Perwakilan Anggota (BPA)

Rapimnas Kadin 2020: OSO Ingatkan Kadin Fokus Kembangkan UMKM

JAKARTA-Ketua MPR RI Bambang Soesatyo resmi membuka gelaran Rapat Pimpinan