Doni Monardo Test Food Olahan Sagu

Saturday 19 Dec 2020, 1 : 04 pm
by

Pemprov Papua di Distrik Tambat, Kabupaten Merauke bahkan sudah lebih setahun terakhir mengarahkan kebijakan pangannya ke sagu. Saat ini, Distrik Tambat sudah bisa menghasilkan sagu olahan hingga 3 ton per minggu.

Program klaster kampung sagu di Tambat dirintis Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Papua serta Dinas Ketahanan Pangan Papua sejak awal 2019. Dalam program ini petani diberi bantuan pembuatan rumah produksi beserta mesin pengolah sagu yang diciptakan I Made Budi.

Dosen Universitas Cendrawasih itu sekaligus menjadi mentor cara menggunakan mesin pengolah sagu.

Papua adalah “surga sagu”. Luas areal sagu di sana mencapai 6,2 juta hektare, dan itu merupakan yang terbesar di dunia. Sayang, berdasar data Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Papua, luas lahan sagu yang digunakan secara aktif di 20 kabupaten hingga akhir tahun 2017 hanya 35.351 hektare.

Pemanfaatan itu jauh dibandingkan daerah Meranti di Riau yang luasan lahan hutan sagu kurang dari 100.000 hektare, tetapi sudah dapat mengekspor tepung pati sagu ke kawasan Asia Timur, seperti Jepang dan China.

Bagi Doni Monardo, riwayat penugasan menjadi Pangdam Pattimura bisa dibilang anugerah. Setidaknya, ia menjadi penyuka sagu. Bukan karena semata-mata “demi program emas hijau”, melainkan dengan kesadaran penuh bahwa makan sagu jauh lebih sehat dibandingkan makan beras.

Selain sebagai sumber energi, sagu juga baik untuk mencegah darah tinggi, baik untuk gula darah, mencegah masuk angin, dan memperlancar sistem pencernaan. Info terbaru, sagu bahkan bisa meningkatkan kesehatan tulang dan sendi. “Pendek kata,” ujar Doni sambil berkelakar, “Orang cerdas makan sagu!”

Bakso Sagu Keliling

Sambil menikmati hidangan sagu siang itu, Doni melempar pandang ke arah Halim yang dari tadi berdiri dan mengamati Doni Monardo dan staf yang sedang menjadi “food tester” bagi hidangan yang dibawa. Dua perintah Doni yang keluar secara spontan. Pertama ditujukan kepada Plt Deputi III BNPB, Dody Ruswandi. Kedua, langsung kepada Halim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

ADIRA FINANCE

Laba Adira Dinamika Multi Finance Rp1,94 Triliun pada 2023

JAKARTA – PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) membukukan laba

Kemenperin Pacu Produktivitas IKM Tahu Tempe Lebih Higienis dan Efisien

Selain itu, program ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, baik dari