Dorong Kerja Nyata ASEAN di Penutupan AIPA, Puan: Suara Rakyat Suara Parlemen

Wednesday 9 Aug 2023, 10 : 57 pm
Ketua DPR RI sekaligus Presiden ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) 2023, Puan Maharani

Dalam rangkaian Sidang Umum AIPA, para delegasi telah melakukan pembahasan yang sejalan dengan tema AIPA Ke-44.

Menurut Puan, tema ini dipilih sesuai dengan kondisi terkini di mana Parlemen perlu berkontribusi mengatasi berbagai masalah regional dan global.

“Pada pembukaan Sidang Paripurna pertama AIPA Ke-44, saya sampaikan pertanyaan apakah dunia sedang mengalami defisit perdamaian? Apakah kita mengalami defisit pembangunan? Dan apakah kita sedang mengalami defisit iklim?” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

“Pada pertemuan ini kita semua telah menjawab bahwa jika kita bekerja bersama maka. Kita dapat membantu menciptakan perdamaian, memajukan pembangunan, dan menurunkan emisi,” sambung Puan.

Mantan Menko PMK ini menekankan, peran Parlemen diharapkan dapat mengatasi polarisasi antar negara yang telah menghambat kerjasama internasional.

Untuk di dalam negeri, kata Puan, Parlemen dapat berperan besar dalam mempengaruhi politik domestik agar lebih mengedepankan kolaborasi antar negara.

“Kita telah melihat bahwa politik domestik dapat berdampak nyata pada stabilitas regional bahkan global. Kita melihat politik domestik bahkan dapat menyebabkan ketegangan internasional,” jelasnya.

Untuk memastikan kesejahteraan masyarakat kawasan, Puan menilai AIPA perlu terus menjaga agar ASEAN tetap bersifat inklusif, people-centered, dan people oriented.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jatim Siap Tingkatkan Kerjasama Dengan China

SURABAYA-Provinsi Jawa Timur (Jatim) siap meningkatkan kerjasama dengan China khususnya

Perlu Percepatan Proyek Tol Palu-Parigi

JAKARTA-Provinsi Sulawesi Tengah menjadi sorotan masyarakat. Karena memiliki pertumbuhan ekonomi