Ekonomi Indonesia Diperkirakan Tumbuh 4,7-5,5% Pada 2024

Rabu 22 Mei 2024, 7 : 27 pm
by
BI
ILUSTRASI

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengumumkan, ekonomi Indonesia tetap berdaya tahan di tengah tingginya ketidakpastian global.

Hal itu dikemukakan  Asisten Gubernur BI Bidang Kepala Departemen Komunikasi, Erwin Haryono, dalam keterangan resmi, Rabu (22/5/2024).

BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2024 berada dalam kisaran 4,7-5,5%.

BI terus memperkuat sinergi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, khususnya dari sisi permintaan, melalui stimulus kebijakan makroprudensial. Ini ditempuh dengan stimulus fiskal Pemerintah.

Erwin menjelaskan, pertumbuhan ekonomi triwulan I 2024 tercatat 5,11% (yoy), meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 5,04% (yoy). Perkembangan ini didukung oleh permintaan domestik.

Menurut Erwin, konsumsi swasta dan Pemerintah membaik. Ini didorong oleh dampak positif pelaksanaan Pemilu 2024 dan hari libur nasional terkait dengan Hari Besar Keagamaan Nasional.

Investasi tumbuh baik, terutama ditopang oleh investasi bangunan seiring berlanjutnya pembangunan infrastruktur. Sementara itu, ekspor melambat sejalan dengan masih lemahnya permintaan dari mitra dagang utama.

Kinerja pertumbuhan ekonomi triwulan I 2024 juga didukung oleh peningkatan pertumbuhan di Lapangan Usaha (LU) yang terkait mobilitas, seperti LU Perdagangan Besar dan Eceran, LU Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, serta LU Informasi dan Komunikasi.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

WTO Prediksi Pertumbuhan Perdagangan Global Turun Jadi 2,6%

JENEWA-Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menekankan pentingnya untuk menyelesaikan ketegangan-ketegangan perdagangan

Inggris Raya Gelontorkan £1,140,000 Guna Perkuat Reformasi Regulasi

JAKARTA-Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenkoperekonomian) bersama dengan Kantor Luar Negeri