Fiberglass Produk Indonesia Masuk Pasar AS

Thursday 27 Feb 2020, 1 : 31 am
Fiberglass Produk FPI

TANGERANG-Perang dagang AS-China yang mulai mereda harus bisa dimanfaatkan oleh kalangan industri nasional untuk mengisi peluang-peluang ekspor. Oleh karena itu untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi, mau tak mau kuncinya hanya mendongkrak kinerja ekspor dari berbagai sektor industri, termasuk pipa komposisi serat kaca (Fiberglass) ke luar negeri.

“Fiberglass ini berdiameter 3,4 meter dengan panjang total 5,3 kilometer menuju ke Silicon Valley, Amerika Serikat,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang didampingi Bupati Tangerang itu, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar saat melepas pesanan ekspor tersebut di Kabupaten Tangerang, Rabu (26/2/2020). Acara tersebut digelar di PT Future Pipe Industries (FPI) Balaraja, Kabupaten Tangerang.

Lebih jauh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pemerintah fokus memacu sektor industri agar lebih gencar meningkatkan nilai investasi dan ekspornya.

Upaya tersebut diyakini mampu mendorong penguatan daya saing sektor manufaktur dan struktur ekonomi nasional.

“Sampai saat ini, pertumbuhan ekonomi nasional didorong oleh industri pengolahan nonmigas dengan kontribusi 17,58%,” ucapnya.

Disamping itu, Menperin mengapresiasi kepada PT. Future Pipe Industries atas realisasi komitmen penanaman modalnya di Indonesia dan berhasil melakukan perluasan pasar ekspornya hingga ke Negeri Paman Sam.

“Industri pengolahan juga menjadi penyumbang ekspor terbesar dengan kontribusi 75,6% dari total ekspor nasional,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengungkapkan, bahwa dengan adanya proyek pengiriman pipa berteknologi tinggi diharapkan dapat mempertegas eksistensi produk-produk Indonesia di kancah dunia internasional. Dan yang terpenting bisa menyerap tenaga kerja asal Kabupaten Tangerang.

“Saya bangga di Kabupaten Tangerang ada juga pabrik pipa yang bisa bikin pipa diameter sampai 4 meter, itu luar biasa dan lebih luar biasa lagi sudah sampai ekspor ke Amerika, dan ini asli olahan dan rancangan SDM asli Indonesia,” ungkap Zaki saat memberikan sambutan.

Zaki meminta kepada Menperin agar ada terobosan dari Pusat untuk mempercepat dan mempermudah investasi masuk ke Indonesia khususnya di Kabupaten Tangerang, pasalnya juga banyak menyerap tenaga kerja yang dibutuhkan oleh masyarakat Tangerang & Banten.

Don't Miss

BNI-Kemenkes Berikan Bantuan Peralatan Untuk RS Apung doctorSHARE

JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bekerja sama dengan

Tantangan Makin Berat, Forhati Gembleng Caleg Perempuan Lewat SDIC

JAKARTA-Koordinator Majelis Nasional KOHATI Hanifah Husein menegaskan kader perempuan HMI