Dukung Kebijakan Jokowi, Forum G20 Jadi Peluang Indonesia Perkuat Investasi Sektor Energi Terbarukan

Tuesday 15 Nov 2022, 6 : 35 pm
Meneg BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Joko Widodo/Sumber : Biro Pers Setpres

JAKARTA-Kebijakan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) dinilai sebagai langkah yang serius.

Hal ini ditunjukkan dengan tawaran Indonesia terkait peluang investasi di sektor ekonomi hijau atau green economy dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Indonesia dinilai memiliki kesempatan besar untuk memperkuat agenda dunia untuk menggalakkan ekonomi hijau melalui KTT G20 tahun ini.

Sebab itu, langkah tepat bagi Presiden Jokowi untuk bisa mendorong kerjasama mewujudkan pembangunan ramah lingkungan (berkelanjutan) melalui transisi energi fosil ke energi terbarukan.

“Tentu kita sangat mendukung kebijakan tersebut, apalagi Presiden Joko Widodo sangat concern terhadap pengembangan EBT,” kata Pemerhati Energi Terbarukan, Dr. Dewanto Indra Krisnadi kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/11/2022).

Pemerhati Energi Terbarukan, Dr Ir Dewanto Indra Krisnadi, MM, MT

Sebagai presidensi G20, Indonesia telah menunjukkan kesiapan mengembangkan EBT nasional.

Presiden Jokowi mewujudkan komitmen itu dengan mengeluarkan Perpres No 12 Tahun 2022 tentang Percepatan Pengembangan Energi Terbarukan untuk Penyediaan Tenaga Listrik.

Lenih jauh Indra Krisnadi mengatakan, EBT ini boleh dikatakan energi masa depan, karena semua negara sedang mengarah ke sana.

Untuk itu, keinginan Presiden Jokowi ini sangat tepat dengan dukungan Sumber Daya Alam (SDM) yang melimpah di Indonesia.

“Pengurangan emisi gas rumah kaca dan kelestarian lingkungan jadi perhatian dunia. Ditambah lagi, persoalan bahan baku EBT ini sangat melimpah di Indonesia,” ujarnya lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kasus Blokir Bandara, TPDI Minta Perhatian Khusus Jokowi

JAKARTA-Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) meminta pemerintah memberikan perhatian khusus

Dorong Kemandirian Bidang Kesehatan Dengan Cara Pakai Ventilator Lokal

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengembangkan hilirisasi alat kesehatan nasional guna