Dukung Kebijakan Jokowi, Forum G20 Jadi Peluang Indonesia Perkuat Investasi Sektor Energi Terbarukan

Tuesday 15 Nov 2022, 6 : 35 pm
Meneg BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Joko Widodo/Sumber : Biro Pers Setpres

JAKARTA-Kebijakan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) dinilai sebagai langkah yang serius.

Hal ini ditunjukkan dengan tawaran Indonesia terkait peluang investasi di sektor ekonomi hijau atau green economy dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Indonesia dinilai memiliki kesempatan besar untuk memperkuat agenda dunia untuk menggalakkan ekonomi hijau melalui KTT G20 tahun ini.

Sebab itu, langkah tepat bagi Presiden Jokowi untuk bisa mendorong kerjasama mewujudkan pembangunan ramah lingkungan (berkelanjutan) melalui transisi energi fosil ke energi terbarukan.

“Tentu kita sangat mendukung kebijakan tersebut, apalagi Presiden Joko Widodo sangat concern terhadap pengembangan EBT,” kata Pemerhati Energi Terbarukan, Dr. Dewanto Indra Krisnadi kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/11/2022).

Baca juga :  Presiden Jokowi Minta Hong Kong Tingkatkan Investasi
Pemerhati Energi Terbarukan, Dr Ir Dewanto Indra Krisnadi, MM, MT

Sebagai presidensi G20, Indonesia telah menunjukkan kesiapan mengembangkan EBT nasional.

Presiden Jokowi mewujudkan komitmen itu dengan mengeluarkan Perpres No 12 Tahun 2022 tentang Percepatan Pengembangan Energi Terbarukan untuk Penyediaan Tenaga Listrik.

Lenih jauh Indra Krisnadi mengatakan, EBT ini boleh dikatakan energi masa depan, karena semua negara sedang mengarah ke sana.

Untuk itu, keinginan Presiden Jokowi ini sangat tepat dengan dukungan Sumber Daya Alam (SDM) yang melimpah di Indonesia.

“Pengurangan emisi gas rumah kaca dan kelestarian lingkungan jadi perhatian dunia. Ditambah lagi, persoalan bahan baku EBT ini sangat melimpah di Indonesia,” ujarnya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pemkot Tangerang Tanggung Premi BPJS Warganya

TANGERANG-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mulai tahun 2016 telah mengalihkan program
satgas waspada iinvestasi

Satgas Waspada Investasi Temukan 133 Fintech P2P Lending Ilegal

JAKARTA-Satgas Waspada Investasi sejak Desember sampai awal Januari 2021 ini