Gagal “Buy Back” Lionel Messi, Barcelona Dapatkan Ilkay Gundogan dari Manchester City

Thursday 22 Jun 2023, 7 : 29 am
by
Gelandang internasional Jerman Ilkay Gundogan dilaporkan hengkang ke Barcelona pada musim panas 2023. (Sumber foto: ESPN)

BARCELONA – Barcelona sangat ingin membeli kembali atau buy back mantan pemain terbaik mereka, Lionel Messi, yang berstatus bebas transfer dari Paris Saint Germain (PSG) pada musim panas 2023.

Namun kapten Timnas Argentina itu lebih memilih bergabung dengan klub Major League Soccer di Amerika Serikat, Inter Miami. Ini sebuah klub yang sebagian sahamnya dimiliki mantan kapten Timnas Inggris David Beckham

Meski gagal mendapatkan Lionel Messi, Barcelona akhirnya mendapatkan gelandang kreatif Manchester City Ilkay Gundogan. Pemain ini menampik tawaran perpanjangan kontrak satu musim demi menerima pinangan Barcelona.

Selain itu, Ilkay Gundogan juga mengabaikan tawaran klub London Utara, Arsenal, serta iming-iming nilai kontrak selangit dari klub-klub Saudi Pro League.

Sumber ESPN menyebutkan, Ilkay Gundogan yang kini berusia 32 tahun sepakat menandatangani kontrak berdurasi dua musim di Barcelona plus opsi perpanjangan kontrak satu musim.

Meski dilaporkan sudah mencapai kesepakatan, Barcelona dan Ilkay Gundogan belum menandatangani kontrak karena masih harus menunggu tes medis yang dijadwalkan berlangsung Rabu 21 Juni 2023 kemarin.

Ilkay Gundogan memang diincar pelatih Xavi Hernandez karena dia ingin memperbaiki sisi kreativitas tim dan meningkatkan jumlah gol yang dihasilkan. Tenaga Ilkay Gundogan memang sangat dibutuhkan Xavi Hernandez karena dia merasa kesulitan musim lalu ketika gelandang kreatif, Pedri mengalami cedera.

Dan, Ilkay Gundogan dinilai sangat cocok untuk bahu membahu bersama Pedri di lapangan tengah Barcelona. Ilkay Gundogan juga dinilai dapat mengisi pos yang ditinggalkan gelandang bertahan dan kapten Barcelona, Sergio Busquets.

Sebagai gelandang, Ilkay Gundogan tergolong subur. Bayangkan, dari 51 penampilan sepanjang musim ini, dia mengoleksi 11 gol. Dua diantaranya dicetak saat Manchester City mengalahkan Manchester United pada final Piala FA 2023.

Dan, Ilkay Gundogan meninggalkan Manchester City setelah membawa klub itu sebagai kapten meraih prestasi bersejarah yaitu meraih tiga gelar sekaligus atau treble yaitu Premier League, Piala FA, dan Liga Champions

Pemain lain yang dikabarkan bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2023 ini adalah Inigo Martinez. Pemain ini juga sedang berstatus bebas transfer setelah kontraknya di Athletic Bilbao habis bulan ini.

Kondisi keuangan Barcelona memang memaksa mereka untuk hanya mendapatkan pemain-pemain yang berada dalam status bebas transfer. Cara yang sama mereka lakukan pada musim panas 2022. Ketika itu mereka mendapatkan Andreas Christensen dengan status bebas transfer dari Chelsea. Sementara Franck Kessie juga diperoleh Barcelona dengan status yang sama dari AC Milan. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menjelang Reformasi Jilid Dua

Oleh: Saiful Huda Ems Prof Mahfud MD secara resmi mundur

BEI Kenalkan Pasar Modal Indonesia ke Investor Jepang

JAKARTA-Dalam rangka mengembangkan Pasar Modal di Indonesia serta menciptakan dan