Ganjar-Anies Mungkinkah Bersatu?

Jumat 19 Jan 2024, 11 : 07 pm
karikatur jpnn

Namun perhitungan politik saya menyatakan, bahwa inteligen pasti bekerja keras untuk menggagalkan kemenangannya.

Selain itu ada alasan lainnya seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa pemikiran Anies saat ini masih belum bisa diterima oleh manusia Indonesia, yang sesungguhnya masih sangat sekuler, walaupun nyaris tidak pernah ada yang berani terus terang mengatakannya.

Perhatikan saja partai-partai Islam di Indonesia dalam sejarahnya dari Orde Lama, Orde Baru, Orde Reformasi sampai Orde Dinasti ini, partai politik Islam tidak pernah menang, dan yang menang selalu partai-partai nasionalis.

Meskipun penduduk Indonesia mayoritas Islam dan terbesar di dunia dalam jumlah penduduk muslimnya.

Potret peta politik ini akan terlihat lebih mudah jika kita mau melihat peta politik Provinsi Jawa Barat dari Pemilu ke Pemilu, dimana di Provinsi ini dihuni oleh mayoritas muslim namun yang selalu menang justru partai-partai nasionalis.

Inilah kenyataan peta politik yang terjadi di negeri ini, hingga kemenangan AMIN bisa dikatakan sebagai suatu hal yang mustahil.

Kendatipun demikian, pendukung AMIN tidaklah bisa disepelehkan, karena meskipun tidak terlalu banyak dan dominan dibandingkan pendukung Ganjar dan Prabowo, keberadaan pendukung Anies khususnya, merupakan orang-orang militan dan siap bekerja tanpa imbalan, kecuali para pendukung elitnya di Jakarta dan mayoritas sudah terkontaminasi limbah politik transaksional.

Pendukung Anies ini bisa dikatakan mayoritas merupakan orang-orang oposan Pemerintahan Jokowi.

Kebenciannya pada Jokowi sudah nyaris menyentuh langit, karenanya jangan pernah bermimpi kelompok ini akan mau atau bersedia mendukung Prabowo yang menggandeng anaknya Jokowi.

Mereka merupakan pemilih yang fanatik, yang bila tidak kita beri tempat untuk mendukung GAMA, pastilah GAMA akan rugi besar, dan bisa menguntungkan Prabowo-Gibran.

Koalisi taktis Ganjar-Anies jika ditambah lagi dengan pendukung Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD tentunya, akan memunculkan kekuatan besar yang sangat berpengaruh mengalahkan duet adi kuasa politik Prabowo-Jokowi yang dipresentasikan oleh Prabowo-Gibran.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Industri Manufaktur Indonesia Kian Menggeliat

JAKARTA-Kondisi bisnis yang dihadapi oleh para pelaku industri manufaktur Indonesia

Pesona Labuan Bajo Bikin Travelers Enggan Pulang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surabaya, kunjungan wisatawan mancanegara