Ganjar Dorong Percepatan Digitalisasi Pemerintahan, DPR: Cegah Celah Korupsi

Monday 18 Sep 2023, 8 : 00 pm

JAKARTA-Politikus PDIP, Darmadi Durianto mengapresiasi gagasan bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo yang akan mendorong dan menerapkan sistem digitalisasi dalam pemerintahan.

Adapun gagasan tersebut sangat relevan di tengah potensi kebocoran keuangan negara yang masih cukup tinggi selama ini.

“Kita sangat apresiatif dengan gagasan tersebut. Pak Ganjar tengah hadirkan solusi soal tata kelola pemerintahan yang baik itu berbasis pada sistem, jadi semua orang taat pada sistem bukan bergantung pada individu. Selain efisien, dengan adanya digitalisasi potensi kebocoran anggaran negara bisa diminimalisir ke depannya,” ujar Bendahara Megawati Institute itu kepada wartawan, Senin (18/09/2023).

Selain itu, kata dia, dengan adanya digitalisasi maka, potensi terjadinya korupsi dapat dicegah sedini mungkin.

“Potensi korupsi bisa kita cegah dengan adanya sistem digitalisasi. Semua dibuat secara transparan dan bisa diakses publik. Jadi sebenarnya pak Ganjar mengajak publik agar semua kebijakan termasuk soal kebijakan keuangan negara dapat dikontrol,” ujarnya.

Tak hanya itu, Darmadi juga menilai, dengan adanya sistem digitalisasi maka proses birokrasi yang selama ini sangat tidak efisien bisa dipangkas.

“Kita tahu selama ini kalau urus sesuatu pasti prosesnya panjang dan memakan waktu yang tak sedikit. Tentu ini sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat itu sendiri. Dengan adanya digitalisasi hal-hal tersebut itu bisa dipangkas nantinya. Pola pelayanan berbasis digitalisasi juga menjadikan masyarakat tak memiliki jarak lagi dengan pemerintahan. Sistem semacam inilah yang mestinya kita bangun dan support agar arah pembangunan bangsa dan negara ini semakin terkonsolidasi dengan baik,” tegasnya.

Sebelumnya, Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo menekankan tentang pentingnya digitalisasi di pemerintahan.

Ganjar meyakini, dengan adanya digitalisasi secara perlahan akan mengubah cara pikir para birokrat.

“Digitalisasi kemudian bisa memudahkan dan membikin ini pengalaman luar biasa, apa yang luar biasa? mengubah cara berpikir para birokrat. Dari mereka yang dulu melayani biasa-biasa saja, sekarang luar biasa,” kata Ganjar dalam acara Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia bertajuk ‘Ganjar Jawab Tantangan Masa Depan Indonesia’ di The Ballroom XXI Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023).***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pefindo memberikan peringkat idA kepada ERAA, dengan outlook untuk peringkat perusahaan di level 'Stabil'. Peringkat ini berlaku hingga 1 September 2022.

Pefindo Tegaskan Peringkat MEDC di Level idA+ dengan Outlook Stabil

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idA+ untuk PT
PT Provident Investasi Bersama Tbk

Resmi, Provident Investasi Berganti Klasifikasi Sektor Industri

JAKARTA-PT Provident Investasi Bersama Tbk (PALM) resmi berganti klasifikasi sektor