Ganjar-Mahfud Akan Seimbangkan Anggaran Promotif dan Preventif

Sunday 4 Feb 2024, 11 : 00 pm
by
CAPRES GANJAR PRANOWO DAN CAWAPRES MAHFUD MD

JAKARTACalon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menekankan akan menyeimbangkan anggaran kesehatan di bidang promotif dan preventif untuk meningkatkan angka harapan hidup rakyat Indonesia.

Ganjar menyampaikan hal itu merespons pertanyaan panelis perihal angka harapan hidup rakyat Indonesia yang rendah dibanding usia harapan hidup negara lain di kawasan Asean.

World Population Prospect tahun 2022 menyebut bahwa angka harapan hidup manusia Indonesia berada di nomor 10 dari 11 negara di kawasan Asean, karena kebijakan dan anggaran kesehatan lebih kuratif (pengobatan) dibanding promotif dan preventif.

Menurut Ganjar, anggaran pembangunan kesehatan sebesar 5% hingga 10% dari APBN untuk memastikan layanan kesehatan akan jauh lebih baik dengan memperhatikan prinsip promotif dan preventif.

“Setelah promotif dan preventif, kemudian fasilitas kesehatan dibangun di setiap desa yang dilengkapi tenaga kesehatan, hanya memang anggaran kesehatan sebelumnya terpotong,” ujarnya pada Debat Kelima Capres Pemilu Tahun 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta pada Minggu (4/2/2024).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan tema debat kali ini adalah: kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat menghadirkan ketiga Capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Lebih lanjut, mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) ini mengatakan bahwa  untuk meningkatkan usia harapan hidup rakyat Indonesia juga dibutuhkan layanan kesehatan yang baik, hiburan yang baik, dan budaya yang baik.

“Di samping itu mereka juga berharap layanan baik  maka kami senang, maka harus dapat pelayanan  kesehatan yang baik,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Asosiasi DPLK Targetkan Kelola Aset Rp150 triliun

JAKARTA-Asosiasi Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Indonesia menargetkan pengumpulan aset

Putut Prabantoro Minta BAPPENAS Lakukan Riset Perilaku Remaja

WONOSARI-Tenaga Ahli Profesional (TAPROF) Lemhannas RI, AM Putut Prabantoro, meminta