Gelar BBI dan BBWI Bengkulu 2023, Pemerintah Genjot Belanja Produk dan Pariwisata Lokal

Friday 28 Jul 2023, 3 : 39 pm
Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) untuk meningkatkan jumlah usaha mikro, kecil dan menengah, industri kecil dan menengah (IKM)/Foto: DoK Kemenperin
Indonesia (Gernas BBI) untuk meningkatkan jumlah usaha mikro, kecil dan menengah, industri kecil dan menengah (IKM)/Foto: DoK Kemenperin

BBI juga diselaraskan dengan Gerakan Nasional Bangga Berwisata Indonesia untuk meningkatkan jumlah kunjungan pariwisata ke destinasi wisata di Tanah Air.

“Mulai tahun ini, Gernas BBI tidak hanya berbicara mengenai produk, namun juga pariwisata, yang mana menargetkan sebanyak 1,2 – 1,4 miliar perjalanan terjadi sepanjang tahun 2023,” kata Agus.

Adapun Gernas BBI di Provinsi Bengkulu tahun ini mengusung tema “Mela Belanjo kek Bejalan ke Bengkulu” yang bermakna Ayo Berbelanja dan Berkunjung ke Bengkulu, sedangkan Gernas BBWI mengangkat tema Bulan Olahraga. Rangkaian kampanye Gernas BBI/BBWI Bengkulu ini akan berlangsung sepanjang Juli hingga November 2023.

Kick-offKampanye BBI/BBWI Bengkulu diselenggarakan pada 27 Juli 2023 bersamaan dengan malam penutupan Festival Tabot Bengkulu.

Dalam acara ini, juga diadakan fashion show dan talkshow mengenai kain batik khas Bengkulu yaitu kain Batik Besurek, serta pameran UMKM/IKM dan Parade Tabot yang menjadi tradisi masyarakat Bengkulu untuk memperingati Tahun Baru Islam.

Sebelumnya, Pemprov Bengkulu, Kemenperin, dan Bank Indonesia telah mendata dan mengkurasi ratusan UMKM/IKM untuk masuk ke e-katalog lokal.

Pemprov Bengkulu juga mengkurasi destinasi wisata lokal unggulan yang layak dijadikan travel pattern dan akan mendapatkan pendampingan promosi paket pariwisata daerah.

“Ditjen IKMA turut berperan mengkurasi dan melakukan pendampingan kepada 30 IKM terpilihyang berhak mendapatkan pelatihan intensif, capacity building, fasilitasi sertifikasi, serta fasilitasi kemitraan dan business matching selama empat bulan,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin, Reni Yanita.

Reni mengatakan perhelatan Gernas BBI sangat potensial untuk mengangkat daya saing IKM dan artisan lokal Bengkulu sehingga mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Demi mendongkrak promosi produk lokal unggulan buatan IKM terpilih ini, Kemenperin juga terus bersinergi dengan diaspora yang ada di luar negeri.

“Kami berharap agar 30 IKM terkurasi terus berkomitmen dan konsisten mengikuti program pendampingan secara kontinu sehingga dapat meningkatkan standar kualitas dan juga penjualan usaha,” ucap Reni.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengungkapkan pelaksanaan puncak acara atau harvesting Gernas BBI/BBWI Bengkulu akan dilaksanakan pada 18 November, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Provinsi Bengkulu. Dalam kesempatan tersebut akan diberikan penghargaan kepada 5 IKM terbaik (champion) asal Bengkulu yang berhak diikutsertakan dalam Anugerah BBI Nasional.

“Melalui Gernas ini, kita tunjukkan semangat kerja sama yang baik antara pemerintah, perusahaan, pelaku industri, dan masyarakat untuk berbelanja produk dalam negeri dan berwisata di Bengkulu,” jelas Rohidin.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Hamid Awaluddin: Hanya Kritik Mampu Menjaga Demokrasi Tetap Hidup

Mantan Menteri Hukum dan HAM itu mencontohkan Susi Susanti yang

Penyelesaian Jiwasraya, Panja: Pemerintah-DPR Jamin Dana Nasabah

JAKARTA-Pemerintah dan DPR RI menjamin sepenuhnya dana nasabah Asuransi Jiwasraya.