Genjot Penyaluran KPR di 2021, BBTN Intensifkan Bermitra dengan Asosiasi

Friday 7 May 2021, 2 : 30 am
by
Respons Usulan Kementerian BUMN, Sejumlah Ekonom Nilai BBTN Layak Terima PMN
Ilustrasi

JAKARTA-Guna dapat mendorong penyaluran kredit di 2021, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) akan terus mengintensifkan pelaksanaan program kemitraan dengan berbagai asosiasi dan institusi dalam upaya menyediakan fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) bersubsidi secara massal.

Menurut Direktur Consumer & Commercial Lending Bank BTN, Hirwandi Gafar dalam siaran pers yang dikirim melalui surat elektronik, Jakarta, Kamis (6/5), pada tahun ini perseroan terkonsentrasi untuk lebih mengintensfkan program kemitraan dengan berbagai asosiasi dan institusi untuk menggenjot penyaluran KPR Subsidi.

Dia menyebutkan, per 31 Maret 2021 nilai penyaluran KPR BTN mencapai Rp203,11 triliun atau bertumbuh 5,73 persen (year-on-year).

“Kami akan terus berinovasi dan menjalin kemitraan agar semakin banyak masyarakat Indonesia dapat mempunyai rumah sendiri melalui KPR BTN yang memiliki skema terjangkau dan mudah,” kata Hirwandi.

Hirwandi mencontohkan, strategi menggandeng mitra yang baru-baru ini dilakukan BBTN adalah merangkul Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) yang beranggotakan 1,6 juta petugas satuan pengamanan (satpam).

Melalui kemitraan ini, para satpam bisa memiliki rumah melalui fasilitas KPR BTN, sejalan dengan upaya mendukung Program Sejuta Rumah.

Lebih lanjut dia menyampaikan, sejauh ini mayoritas masyarakat yang belum memiliki rumah adalah kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan pekerja informal.

Untuk menjangkau kelompok masyarakat tersebut, BBTN terus berinovasi dan menggelar kemitraan dengan berbagai asosiasi pekerja agar dapat memberikan akses kepemilikan rumah.

Melalui kerjasama dengan ABUJAPI, kata Hirwandi, jutaan satpam yang tergabung pada 3.000 perusahaan bidang jasa keamanan di bawah naungan ABUJAPI dapat menikmati berbagai fasilitas KPR Bank BTN, baik subsidi maupun non-subsidi.

Selain itu, Bank BTN juga memberikan berbagai fasilitas perbankan lainnya yang dapat dinikmati oleh perusahaan dan anggota ABUJAPI.

“Tentunya kami memberikan penawaran spesial berupa uang muka yang ringan dan kemudahan proses KPR,” ujar Hirwandi.

Sebelumnya, ujar Hirwandi, upaya memperluas akses kepemilikan rumah yang dilakukan BBTN juga telah menyasar Asosiasi Bisnis Alih Daya Indonesia (Abadi).

Serta, kemitraan dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), terkait penyediaan rumah bagi para prajurit tentara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Aset Disita Kejaksaan, Kinerja Keuangan RIMO Dipastikan Lumpuh Total

JAKARTA-Langkah Kejaksaan Agung (Kejagung) yang melakukan penyitaan atas dokumen unit-unit

Induk Dukung Ekosistem Digital Syariah, Saham BTPS Melambung di Sesi Pagi

JAKARTA-Harga saham PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS) sepanjang Sesi