Gus Nabil: Transformasi Pancasila Untuk Indonesia Maju

Anggota MPR Fraksi PDI Perjuangan, Muchamad Nabil Haroen dalam acara sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah,   Sabtu (23/11/2019)

KLATEN-Indonesia sudah saatnya menjadi negara yang maju, negara dengan kesejahteraan warga, keamanan serta fasilitas kesehatan yang merata.

Demikian ditegaskan Anggota MPR Fraksi PDI Perjuangan, Muchamad Nabil Haroen dalam acara sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (23/11/2019).

Dihadapan 250 warga masyarakat Polanharjo, Gus Nabil, begitu dia akrab disapa, mengatakan tujuan dari sebuah negara dibentuk seperti halnya Indonesia idealnya untuk memberikan kesejahteraan kepada warganya termasuk keamanan dan fasilitas kesehatan yang merata.

“Sebab ini merupakan amanat dari nilai-nilai dasar Pancasila,” kata Gus Nabil.

Untuk itu, Anggota DPR dari Dapil Jawa Tengah V ini menegaskan agar seluruh elemen bangsa perlu mendorong transformasi nilai-nilai Pancasila, untuk kontekstualisasi di masa kini dan mendatang.

Baca :  Jokowi Prioritaskan SDM, PDIP: Terobosan Brilian

Menurut Gus Nabil, Pancasila perlu disegarkan dalam pemaknaan dan sekaligus kontekstualisasi nilainya dalam pola relasi kebangsaan.

“Ini penting agar Pancasila selalu berdenyut dalam keseharian bangsa Indonesia. Ia menjadi pandu utama, kompas nilai-nilai, untuk meneroka jalan terbaik bagi bangsa Indonesia.” ujar Gus Nabil yang juga anggota Komisi IX DPR ini.

Selain itu, seluruh warga Indonesia, harus meneladani sikap dan perjuangan para pendiri bangsa. Meskipun dengan latar belakang etnis, agama dan kultur yang beragam.

“Dari Soekarno, rakyat Indonesia memetik pelajaran bagaimana perjuangan gigih beliau dalam membela rakyat kecil, membela kaum Marhaen, membela Indonesia,” tegasnya.

Dari perjuangan Hadratus Syaikh Hasyim Asyari, rakyat Indonesia berjuang untuk mendidik bangsa Indonesia, dengan segenap pengabdian dan khidmah kebangsaan.

Baca :  UNESCO Tetapkan Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya