Harga Naik Tak Wajar, Saham ATAP Masuk Radar Pemantauan BEI

Wednesday 3 Nov 2021, 9 : 14 pm
by
Penghentian sementara perdagangan saham TIRA terbatas pada upaya untuk melakukan cooling down
ILustrasi

JAKARTA-PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan, sejauh ini pergerakan harga saham PT Trimitra Prawara Goldland Tbk (ATAP) mengalami kenaikan secara tidak wajar, sehingga Bursa memandang perlu untuk memantau perkembangan pola transaksi saham tersebut.

“Dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham ATAP yang di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA),” kata Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Lidia M Panjaitan dalam Pengumuman Bursa, Rabu (3/11).

Namun, jelas Lidia, pengumuman UMA tersebut tidak serta-merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

“Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham ATAP, perlu kami sampaikan bahwa saat ini Bursa sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini”.

Sebagaimana diketahui, informasi terakhir mengenai ATAP adalah informasi pada 27 Oktober 2021 yang dipublikasikan melalui website BEI terkait rencana penyelenggaraan public expose – tahunan.

Lebih lanjut Lidia mengatakan, BEI berharap agar para investor memperhatikan jawaban dari ATAP atas permintaan konfirmasi dari Bursa, serta perlu mencermati kinerja perusahaan ini dalam setiap keterbukaan informasinya.

Selain itu, para investor juga diharapkan untuk kembali mengaji rencana corporate action emiten tersebut, apabila rencananya itu belum mendapatkan persetujuan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Lidia menambahkan, para investor juga perlu untuk mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan untuk berinvestasi pada saham ATAP.

Pada penutupan perdagangan Kamis (21/10), harga ATAP masih berada di level Rp99 pet saham, namun pergerakannya mengalami kenaikan signifikan dalam beberapa hari terkahir hingga menyentuh level Rp210 per saham pada penutupan perdagangan kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Harus Ada Solusi Jangka Panjang Harga Jagung

JAKARTA-Komisi IV DPR akan mempelajari solusi jangka panjang tentang naiknya

Kemendag Tingkatkan Kerja Sama Perlindungan Konsumen

JAKARTA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Pengawasan