Hasto PDIP Tekanan Pentingnya Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan

Tuesday 19 Sep 2023, 5 : 28 pm
by
PDIP
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto

JAKARTA-Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menekankan pentingnya membahas mengenai kedaulatan pangan di tengah kontestasi Pilpres 2024, dimana pihak lain saat ini sibuk mementingkan figur.

Hal itu disampaikan Hasto saat berbicara dalam diskusi bertajuk ‘Inovasi Teknologi dan Kebijakan Politik-Ekonomi Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan’ di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Hasto mengatakan diskusi mengenai kedaulatan pangan ini merupakan rangkaian untuk persiapan Rakernas ke-IV PDIP 2023.

“Di tengah kontestasi politik kekuasaan yang sering kali hanya fokus pada aspek figur, kita mencoba untuk di dalam persiapan Rakernas yang ke-IV dengan tema ‘Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat’ menyampaikan satu kekuatan politik yang memberikan gagasan di dalam mencari solusi atas persoalan rakyat,” kata Hasto di lokasi.

Dia menekankan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan riset dan inovasi agar Indonesia menjadi bangsa yang berdikari.

“Sekaligus peretas tatanan masa depan dengan menggunakan fundamen tentang pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan riset dan inovasi agar kita bisa menjadi bangsa yang berdikari khususnya dalam bidang pangan, energi, keuangan dan sebagainya,” ujarnya.

Selain itu, Hasto menerangkan bahwa pemerintah harus memberikan perhatian terhadap infrastruktur pangan melalui kebijakan yang tepat sasaran.

“Juga politik pangan terkait dengan tata ruang, terkait dengan insentif bagi yang mampu melakukan suatu temuan-temuan baru di dalam meningkatkan produksi kita terutama kebijakan impor,” ucapnya.

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) ini juga menyinggung mengenai ketergantungan Indonesia terhadap gandum.

“Ini harus dicari sebagai sebuah target dalam menyusun road mapp terhadap konfigurasi kebutuhan pangan nasional kita. Mana yang betul-betul kita siap berdikari, mana yang secara bertahap, kemudian kita mampu mencari suatu substisuinya,” ungkap Hasto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Asing Soroti Putusan MK Jadi Basis Nepotisme dan Dinasti Politik

JAKARTA-Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang Usia Capres-Cawapres menjadi basis nepotisme

Telan Rp1,29 Miliar, Jembatan Cincin Lama Selesai Diperbaiki

JAKARTA-Dibukanya Jembatan Cincin Lama atau juga dikenal dengan nama Jembatan